Progres perbaikan Jembatan Pacing di Jalan Rengas Bandung Kedungwaring, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mencapai 65,62 persen dengan target selesai diperbaiki pada Bulan Agustus 2021.

"Untuk arah Bekasi sudah rampung, saat ini tersisa perbaikan menuju ke arah yang Karawang," kata PPK 1.5 Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Jawa Barat pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Andy Suryanto di Cikarang, Senin.

Baca juga: Kementerian PUPR mulai bangun jembatan Pacing di Bekasi secara permanen

Dia mengatakan jembatan di dekat perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang yang amblas diterjang banjir pada Bulan Februari lalu itu diperbaiki melalui sejumlah teknis pekerjaan.

Mulai dari pengeboran pondasi bored pile, penulangan pondasi bored pile, slump test beton pondasi pile, serta pengecoran bored pile.

"Masih terus kami perbaiki karena ini penanganan mendesak dan penanganan darurat amblasnya Jembatan Pacing ini," katanya.

Baca juga: Jembatan amblas di Tambun, Pemkab Bekasi diminta segera lakukan perbaikan

Andy menjelaskan selama proses pengerjaan jembatan ini, pihaknya masih terus memberlakukan skema lawan arah untuk mengurai kepadatan di kedua arah baik Bekasi maupun Karawang.

Skema itu dilakukan dengan mengarahkan kendaraan yang hendak menuju Kabupaten Karawang untuk masuk ke jalur menuju Kabupaten Bekasi di sepanjang lajur pembatas jalan.

Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki Jembatan Cipamingkis cegah longsor

Pihaknya telah memasang rambu-rambu dan marka jalan guna memudahkan pengguna jalan yang melintas serta berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan setempat.

"Untuk kendaraan dengan sumbu tiga juga dilarang melintasi jalur ini karena memang harus contra flow tidak muat untuk melintas," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021