Karawang, (Antara Megapolitan) - Seorang aktivis di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Nace Permana, mendaftar calon bupati bersama wakilnya, Yeni Herlina ke Komisi Pemilihan Umum setempat, Selasa.

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Nace Permana/Yeni Herlina akan maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Karawang melalui jalur perseorangan atau independen.

Pasangan bakal calon itu datang ke KPU Karawang dengan berjalan kaki. Nace beserta rombongan pendukung dan relawannya, secara berseragam mengenakan pakaian khas Sunda dengan iket kepala.

Nace mengaku sengaja mendaftar di hari terakhir agar terlihat santai. Meski santai tetapi dipastikan dirinya akan maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah setempat, dengan mendaftar ke KPU Karawang.

"Mudah-mudahan pendaftaran di hari terakhir ini membawa berkah. Sebab, yang mampu memimpin Karawang hanya orang asli Karawang, karena lebih mengenal daerahnya," katanya, di Karawang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Asep Sugiarto mengaku sudah menerima seluruh berkas persyaratan pencalonan bupati/wakil bupati. Setelah dilakukan pemeriksaan, secara umum persyaratan pencalonan pasangan Nace/Yeni telah terpenuhi.

"Kesimpulannya, kami menyatakan, pendaftaran Nace/Yeni diterima, tinggal dilengkapi saja hal-hal yang perlu direvisi," katanya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar pasangan Nace/Yeni yang maju dari jalur perseorangan memenuhi syarat dukungan. Minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan berkas yang harus dipenuhi.

"Kekurangan berkas dukungan itu harus dilengkapi dan harus diserahkan maksimal 7 Agustus 2015," kata dia.

Ketua KPU Karawang Riesza Affiat mengatakan, pendaftaran calon bupati/wakil bupati dibuka sejak Minggu (26/7), dan pada Selasa ini merupakan hari terakhir.

Dengan mendaftarnya pasangan Nace/Yeni, maka bertambah pasangan bakal calon yang mendaftar menjadi enam pasang. Tiga pasangan dari jalur partai politik dan tiga pasang lainnya dari jalur perseorangan.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015