Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat mendesak agar PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II membuat mitigasi kebocoran pipa gas caustic soda menyusul terjadinya keracunan warga akibat bocornya pipa gas di pabrik tersebut.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Jumat menginginkan ada solusi jangka panjang terhadap warga Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel Karawang yang tinggal di sekitar pabrik PT Pindo Deli II.

Baca juga: Peristiwa keracunan di Karawang tidak ada korban jiwa
Baca juga: Kebocoran pipa gas PT Pindo Deli 2 akibatkan keracunan warga Karawang diselidiki polisi

Hal tersebut disampaikan karena keracunan yang dialami warga setempat tidak hanya sekali. Namun sudah terjadi berulangkali.

"Harus ada mitigasi masalah kebocoran. Kami tidak ingin ini (peristiwa keracunan) terjadi kembali," katanya.

Ke depannya, Aep meminta PT Pindo Deli II membuat sistem keamanan untuk mencegah bocornya gas caustic soda berdampak besar terhadap masyarakat.

Ia menginginkan ada sistem otomatis yang jika terjadi kebocoran tidak berdampak kepada warga setempat.

Baca juga: Pipa gas pabrik bocor, ratusan warga Karawang keracunan

Peristiwa keracunan akibat bocornya pipa gas coustic soda milik PT Pindo Deli II pada Kamis (3/6) mengakibatkan sekitar 80 warga sesak napas hingga dirawat di rumah sakit terdekat.

Dikatakannya, saat ini pihak kepolisian tengah menyelidiki kasus tersebut. Di lokasi kejadian juga sudah dipasang garis polisi. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021