Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin memberikan penghargaan kepada 42 pemenang Tegar Beriman Award pada di hari peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539.

"Ini seharusnya kita berikan pada tahun 2020, karena pandemi COVID-19 di Kabupaten Bogor masih tinggi, sehingga kita fokus pada pemulihan kesehatan masyarakat, jadi kita tunda dan baru bisa dilaksanakan tahun ini," ungkapnya usai acara yang diselenggarakan di Auditorium Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis.

Baca juga: Lomba kuliner, Ade Yasin ingin lahirkan makanan tradisional baru khas Bogor

Ia menyebutkan bahwa penghargaan tersebut terdiri dari beberapa kategori, mulai dari kategori Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri, kategori masyarakat dan penghargaan Lomba Pengembangan Desa Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2021 yang berprestasi, teladan, terbaik dan inovatif.

"Ini adalah mereka yang penilaiannya kami lakukan pada tahun 2019. Untuk penerima penghargaan tahun 2021 akan kita berikan pada tahun 2022 mendatang yang penilaiannya kita lakukan pada tahun 2020 lalu,” kata Ade Yasin.

Menurutnya, Pemkab Bogor melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan dalam rangkaian peringatan HJB ke-539, seperti lomba video profil desa, festival film pendek, pencanangan Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal, serta lomba olahan makanan khas Kabupaten Bogor.

Baca juga: "Bangkit Bersama" jadi tema di hari jadi ke-539 Kabupaten Bogor

"Berbagai kegiatan ini merupakan wujud penghargaan dan rasa syukur akan keberlimpahan potensi dan peluang yang kita miliki serta upaya melibatkan masyarakat untuk mengembangkan industri kreatif dan menguatkan nilai ekonomi budaya lokal dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi komunikasi,” ujar politikus PPP itu.

Ia mengatakan di masa pandemi dan akselerasi transformasi digital, harus ada upaya untuk memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, platform digital, serta medsos untuk tujuan yang produktif.

Baca juga: GOW Bogor gelar "Gowes Cantik" sambut perayaan HJB ke-539

Maka ia mengajak masyarakat termasuk pelajar untuk bersama-sama masif memanfaatkan platform digital sebagai sarana promosi potensi produk, wisata, kuliner dan budaya lokal Kabupaten Bogor ke seluruh dunia.

“Jika ini terus dilakukan secara masif, insyaallah akan menggairahkan perekonomian daerah, mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya tarik investasi,” tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021