Bogor, (Antara Megapolitan) - Berdasarkan data dari Posko PMI Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama libur Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah/2015 dimulai dari H-7 hingga H+4 terjadi 19 kali kejadian yang terdiri dari kecelakaan dan kebakaran.

"Mulai dari tanggal 10 sampai 20 Juli, ada 19 kejadian yang tercatat di Posko PMI, terdiri atas 16 kecelakaan dan tiga kali kejadian kebakaran," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor, Abidin, saat ditemui di Pos Polisi Gadog, Selasa.

Menurut Abidin, dari 16 peristiwa kecelakaan tersebut, terdapat satu orang meninggal dunia, 23 luka ringan, empat orang luka sedang dan satu orang luka berat.

"Kecelakaan yang menyebabkan satu orang meninggal dunia terjadi pada Hari Raya Idul Fitri 17 Juli, di Ciawi. Korban pengendara sepeda motor, warga setempat," katanya.

Ia menjelaskan, peristiwa kecelakaan cukup banyak terjadi hari ini. Tercatat ada empat kejadian kecelakaan di lokasi yang berbeda-beda. Tidak terdapat korban jiwa, korban kebanyakan mengalami luka ringan hingga berat.

Kecelakaan pertama terjadi di jalan raya Puncak tepatnya di depat Pafesta Cisarua, kecelakaan tunggal satu unit sepeda motor terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Korban bernama Rumana (40) mengalami luka lecet-lecet.

"Korban mengalami oleng dan terjatuh, mungkin karena arus cukup padat," katanya.

Berikutnya kecelakaan terjadi pukul 11.15 WIB di Cibeet, Kecamatan Tanjung Sari. Masih dialami pengendara sepeda motor, antara pengendara Suhari (56) warga Cikarang Utara, dengan pengendara lain Andi Dwi Saputro (23) dari Bantar Gebang. Keduanya mengalami luka ringan dan langsung mendapatkan pertolongan pertama pada kecelakaan oleh petugas PMI di Posko setempat.

Pada pukul 10.20 WIB, kecelakaan sepeda motor kembali terjadi di wilayah Cibinong menimpa satu keluarga terdiri atas ibu, bapak dan anak. Korban luka berat terjadi pada si ibu yang mengalami pendarahan di bagian kepala, sedangkan anaknya yang berusia lima tahun mengalami lecet-lecet.

Kecelakaan roda dua kembali terjadi pukul 13.00 WIB di wilayah Dramaga, tiga orang korban mengalami luka-luka ringan dan sudah mendapatkan penanganan oleh petugas medis di lapangan.

Sementara itu, untuk peristiwa kebakaran terjadi sebanyak tiga kali di tiga lokasi terpisah. Kebakaran pabrik di wilayah Nanggewer, Cibinong terjadi Sabtu (18/7) dan kebakaran rongsokan di wilayah Ciawi. Kebakaran berikutnya terjadi di Parung, kebakaran lahan kosong akibat musim kemarau.

Abidin menjelaskan, PMI mendirikan sembilan Posko Lebaran Idul Fitri 2015 yang menyatu dengan Pos PAM Polres Bogor. Posko tersebut tersebar di Cibinong, Cileungsi, Cibeet, Parung, Laladon, Leuwiliang, Ciawi, Lido dan Cisarua. Setiap pos disiagakan dua anggota PMI, total selama libur lebaran ada 20 personel yang diturunkan.

"Kami juga menyiagakan dua unit ambulans yang berkeliling terbagi dua wilayah yakni Selatan, dan Barat," kata Abidin.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015