Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyampaikan angka kesembuhan pasien COVID-19 di daerah itu saat ini mencapai 92 persen.

Juru Bicara Satgas COVID-19 setempat Fitra Hergyana, di Karawang, Kamis mengatakan, selama beberapa pekan terakhir angka kesembuhan pasien COVID-19 cukup tinggi.

Jika dipersentasekan, angka kesembuhan penderita COVID-19 di Karawang saat ini mencapai 92 persen. Sedangkan angka kematiannya sekitar 3,1 persen.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 yang dirawat di Karawang bertambah menjadi 1.136 orang
Baca juga: Banjir di Karawang picu lonjakan kasus COVID-19

Fitra menyampaikan, angka kematian COVID-19 ini dipengaruhi oleh komorbid/penyakit penyerta kronis atau disebabkan usia yang sudah tua (tertinggi 50-59 tahun dan 60-69 tahun).

Atas hal tersebut, kini Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang tengah gencar dan fokus untuk melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap warga yang berkategori lansia.

"Jadi bagi lansia yang mau divaksinasi bisa menghubungi petugas Puskesmas. Kami juga sudah meminta bantuan para kepala desa agar mendata warga lansia yang belum divaksinasi," kata dia.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Karawang meningkat signifikan capai 400 dalam sehari

Ia mengimbau agar masyarakat tidak usah takut untuk divaksinasi. Karena itu penting untuk kekebalan terhadap penyebaran virus corona.

"Kami sangat hati-hati menyuntikkan vaksin kepada para lansia. Petugas kesehatan juga mengajukan pertanyaan (frailty test) untuk mengecek kerapuhan atau kerentanan lansia sebelum disuntik vaksin Covid-19," kata Fitra. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021