Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat membuka pendaftaran pendidikan kader ulama (PKU) angkatan ke-15 dalam rangka menyiapkan ulama dan pemimpin di masa depan.

"Proses seorang pemimpin itu harus diciptakan, dan harus melalui proses kaderisasi dan regenerasi. Sehingga proses kaderisasi ini bagian terpenting dalam rangka menyiapkan kader-kader ulama dan kader pemimpin di masa depan," ungkap Ketua Alumni PKU Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar alias Gus Udin di Cibinong, Bogor, Senin.

Baca juga: MUI Bogor minta perkuat peran RT dan RW tangkal gerakan radikal
Baca juga: MUI Bogor menggelar Muscam serentak di 40 wilayah

Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor itu menyebutkan bahwa pendaftaran dibuka sejak 1 April hingga 31 Mei 2021 di kantor MUI   Cibinong, Bogor.

Beberapa persyaratannya yaitu wajib ber-KTP Kabupaten Bogor, memiliki kepedulian terhadap isu keummatan, lulusan S1 atau pondok pesantren, mampu membaca kitab kuning, menulis essay, serta berusia minimal 21 tahun dan maksimal 40 tahun.

"Melampirkan dokumen utusan MUI kecamatan, Ormas Islam, ponpes, SKPD, atau lembaga lainnya di tingkat kabupaten, dibuktikan dengan surat rekomendasi," terang Gus Udin.

Baca juga: Cegah COVID-19, MUI Bogor keliling pondok pesantren periksa protokol kesehatan

Menurutnya, seleksi masuk akan dilakukan pada Minggu, 6 Juni 2021 di Kantor MUI Kabupaten Bogor. Kemudian, jadwal perkuliahannya dilakukan setiap Sabtu dan Minggu selama empat bulan.

Gus Udin menerangkan bahwa akan ada dua tes yang dilakukan kepada peserta, yaitu tes lisan mengenai bahasa Arab, Kitab Kuning, Al Quran, dan motivasi. Kemudian tes tulisan mengenai pandangan keislaman.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021