Cibinong, (Antara Megapolitan) - Dewan Pembina Kesenian Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Erwin Suriana mengatakan pengukuhan dewan kesenian Kabupaten Bogor dimaksudkan untuk melestarikan seni dan budaya asli di daerah tersebut.

"Jangan sampai seni dan budaya asli Kabupaten Bogor hilang," katanya, di Bogor, Senin.

Ia mengatakan akan bekerja keras menyelesaikan pekerjaan rumah semua pekerjaan bukan pelestarian seni dan budaya. Tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) pekerja seni juga menjadi perhatian dewan kesenian agar pekerja seni mendapatkan kehidupan yang layak di Kabupaten Bogor.

"Kami berencana akan membangun destinasi wisata seni dan budaya di Kabupaten Bogor agar nilai jual pekerja seni bernilai tinggi dan seni budaya tetap lestari," katanya.

Ia mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bogor untuk menciptakan aura seni dan budaya asli Bogor mulai dari gerbang masuk perkantoran. Jika sudah ada tindakan seperti itu maka seni dan budaya asli Kabupaten Bogor terus lestari.

"Semoga dengan pengkukuhan dewan seni bisa meningkatkan industri kreatif dari seni budaya asli Kabupaten Bogor," katanya.

Ia mengatakan sebagaimana yang dikatakan Bupati Bogor, Ibu Nurhayanti, Pemerintah Kabupaten Bogor, ekskutif dan legislatif akan membantu dewan kesenian untuk bekerja optimal melestraikan seni budaya asil Kabupaten Bogor.

"Gedung kesenian dipersilahkan digunaan sebagai tempat pembinaan dan pertunjukan para pekerja seni," katanya.

Ia mengatak dewan kesenian tidak akan melakukan tindakan diskriminasi seni. Karena semua seni merupakan jiwa dan budaya adalah prilakunya. Jadi kedua harus terus berjalan beriringan agar seni dan budaya tetap lestari.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015