Dramaga, (Antara Megapolitan) - Budidaya ikan hias jenis ikan neon tetra memiliki peluang usaha pengembangan ekonomi kreatif perikanan yang menjanjikan bagi masyarakat Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mulyadi Ketua Kelompok Tani Bina Nugraha di Dramaga, Kamis mengatakan ikan jenis neon terta memang sudah lama jadi primadona unggulan pembudidaya ikan hias di Bogor. Karena bisa mengembangan ekonomi kreatif dan penguatan produksi perikanan.

" Apalagi perawatannya mudah dengan hasil yang menjanjikan," katanya.

Namun, kata dia, beberapa waktu lalu pembudidaya ikan neon tetra terpaksa istirahat karena banyak ikan hias yang terkena penyakit mematikan.

" Memang permintaan ikan noen tetra cukup stabil di pasaran bahkan sampai di ekspor ke luar negeri," katanya.

Ia menjelaskan ikan neon tetra sangat cocok dibudidayakan di Bogor. Karena kadar air tanahnya masih bisa menjadi tempat ikan neon tetra.

" Ikan neon tetra sangat mudah dipilihara karena jenis ikan yang bisa dikembangbiakan dengan media aquarium," katanya.

Ia mengatakan budidaya ikan neon tetra di Bogor lebih banyak menggunakan media aquarium untuk pemijahan dan kolam terpal untuk pembesaran. Paling penting diperhatikan adalah makanan dan airnya.

" Kalau masalah penyakit ikan sudah banyak obatnya," katanya.

Ia menyatakan kalau ingin budidaya ikan hias jenis neon tetra sekarang saatnya. Karena permintaan di pasar sedang banyak tetapi pembudidayanya masih sedikit.

Ketua Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP), Kabupaten Bogor, Surya Purnama di Dramaga, mengatakan sudah banyak ikan hias berhasil dibudidayakan di Indonesia. Salah satunya ikan neon tetra yang tak kalah cantik dari jenis koi. Keunggulan neon tetra, harganya relatif stabil.

"Permintaan dari pasar ekspor masih besar dan breeder yang ada masih kewalahan," katanya.

Ia mengatakan ada beberapa jenis tetra yang terkenal di Indonesia yaitu green tetra, blue tetra, silver tetra dan neon Tetra. Beragam spesies ikan tetra ini memang berpenampilan indah.

"Salah satu ikan yang paling terkenal dan banyak diminati adalah neon tetra," katanya.

Ia menjelaskan ikan hias yang berhabitat asli di Sungai Amazon, Amerika, ini memiliki garis neon biru dan merah di sepanjang tubuh. Maka, ikan ini terlihat sangat indah. Panjang tubuh neon tetra maksimal sekitar empat centi meter.

"Bentuk ikan jantan lebih panjang dan ramping daripada neon tetra betina. Adapun bentuk ikan betina bulat pendek dengan perut agak membesar," katanya. Pada ikan jantan, garis neonnya lurus sedangkan garis neon betina sedikit bengkok.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015