Bekasi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, segera merealisasikan pembangunan tiga gedung parkir berkapasitas tampung ribuan kendaraan mulai 2015.

"Tahun ini akan mulai dibangun tiga gedung parkir kendaraan untuk menunjang kebutuhan fasilitas pendukung alat transportasi masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman, di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, ketiga gedung parkir itu berlokasi di depan Mapolresta Bekasi Kota, sebelah gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi, dan di area Gelanggang Olahraga Kota Bekasi.

Gedung parkir di area Mapolresta Bekasi Kota Jalan Pramuka, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, rencananya akan memiliki lima lantai untuk menampung kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Gedung parkir itu akan berdiri di atas lahan seluas 6.000 meter per segi," katanya.

Sementara, gedung parkir di RSUD Kota Bekasi yang bersebelahan dengan Mapolresta Bekasi Kota di Jalan Pramuka, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan, akan memiliki desain tiga lantai.

"Untuk kapasitasnya belum bisa diketahui, gambarnya masih dirancang," katanya.

Rencananya, kata dia, lantai satu dan dua akan diperuntukkan bagi parkir mobil, sedangkan lantai tiga untuk parkir sepeda motor.

Adapun pembangunan gedung parkir ketiga berlokasi di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di area Stadion Patriot, Gelanggang Olahraga Kota Bekasi.

"Gedung parkir itu merupakan sarana penunjang bagi stadion, lokasinya ada di bagian utara kawasan stadion," katanya.

Kepala Dinas Bangunan dan Perumahan Rakyat, Dadang Ginanjar menambahkan, gedung parkir stadion tersebut diklaim memiliki kapasitas tampung hingga 538 kendaraan motor dan 501 mobil.

Dadang berharap, ketiga proyek gedung parkir tersebut dapat membantu masyarakat dalam meredam kemacetan akibat parkir liar serta menambah fasilitas parkir menuju sejumlah kantor pelayanan publik.

"Mudah-mudahan, dengan adanya proyek ini lahan parkir kita semakin terjaga dan fasilitas parkir semakin representatif," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015