Bogor, (Antara Megapolitan) - Sejumlah bintang tamu di antaranya Awan Voice dan Sunda Capella akan turut memerihkan Festival Nasyid dan Seni Islami (FENA and SIL) se-Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta di Kampus Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu 17 Mei 2015.

Ketua Panitia Pelaksana, Ridwanudin, didampingi Sekretarisnya, Nur Kholid W, di Bogor Sabtu menginformasikan, Bintang Tamu yang akan turut memeriahkan adalah Awan Voice (Munsyid Indonesia, X-Factor Indonesia 2014), dan Sunda Capella (3rd Runner Up Indonesia Nasheed Idol 2012).

Ridwanudin menjelaskan, kegiatan yang mengambil tema "Syiarkan Islam Dalam Nuansa Seni" itu akan diikuti peserta dari berbagai kalangan pelajar, seperti pelajar umum sekitar, pelajar tingkat SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK se-derajat di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

Festival akan memperebutkan sedikitnya enam buah piala, masing-masing adalah Piala Bergilir Kementerian Agama RI, lalu Piala Bergilir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat.

Berikutnya Piala Bergilir Wali Kota Bogor, disusul Piala Bergilir dari Polres Bogor, dan Piala Bergilir KNPI, serta masih banyak lagi hadiah lainnya.

Jajaran panitia, katanya lebih lanjut, terus mengajak para calon peserta untuk mendaftarkan diri dalam ajang yang bergengsi ini.

"Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi: WhatssApp/Line: 089607376396 (Ahmad Baihaqy), dan SMS: +62 898-8548-093 (Mupid Fikri).



Perkenalkan Budaya

Ridwanudin menjelaskan secara rinci bahwa Kegiatan itu sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan Islam kepada para pelajar, dan merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mewujudkan eksistensi pengenalan Madrasyah.

Program tersebut mengacu pada PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional tersebut, juga merupakan salah satu upaya untuk menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat Islami, dan sudah menjadi kerja MAN 1 serta OSIS MAN 1 Kota Bogor.

Festival ini bertujuan pula untuk Mensyiarkan Agama Islam yang indah sempurna dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai spiritual dan sosial.

Sasaran kegiatan, untuk pelajar tingkat SMP/MTs 50 persen, pelajar tingkat SMA/MA/SMK 30 persen, guru 15 persen, dan masyarakat sekitar lima persen.

Kegiatan Festival akan dipusatkan di Kampus MAN 1 Kota Bogor, Jawa Barat, Jl. Dr Sumeru, Komp. Bumi Menteng Asri, Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Menurut Ridwan lagi, target yang ingin dicapai dari kegiatan itu, adalah untuk peserta sebanyak 965 orang, juri 30 orang, panitia 100 orang, dan tamu undangan 50 orang, sehingga total seluruhnya sekitar 1.145 orang.

Bentuk kegiatannya sendiri, untuk Festival Nasyid akan dilakukan dalam bentuk perlombaan yang diikuti para pelajar SMP/MTs dan SMA/MA sederajat se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Kemudian untuk Seni Islami, berupa Lomba Marawis yang akan diikuti para pesera pelajar SMP/MTs dan SMA/MA sederajat juga se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Lomba lainnya adalah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), berupa Lomba MTQ, serta lomba Kaligrafi, Cerdas Cermat Islam, Da`i, Tahfidz, Puisi Islam, dan lomba Adzan, semuanya akan diikuti para pelajar SMP/MTs dan SMA/MA sederajat juga se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. ***4***



(M023).

(T.M023/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 09-05-2015 11:17:37. (R).



(T.M023/B/M023/M023) 09-05-2015 11:43:42

Pewarta: M. Tohamaksun

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015