Pemerintah Kota Bekasi menyatakan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi beserta Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dijadwalkan mendapat suntikan vaksin COVID-19 pada Jumat (15/1).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Dezi Syukrawati mengatakan kepastian itu didapat setelah pemerintah daerah mendapatkan konfirmasi jadwal pelaksanaan vaksinasi COVID-19 merek Sinovac.

"Jadwal tersebut telah diatur oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan. Di wilayah kami dimulai besok," katanya di Bekasi, Kamis.

Baca juga: Wali Kota Bekasi minta warga tidak takut divaksin COVID-19

Vaksinasi pimpinan daerah ini, kata dia, direncanakan dilakukan di pintu gerbang 19 Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ahmad Yani Nomor 2 Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi mulai pukul 10.00 WIB.

"Karena yang pertama itu pak Presiden RI (Joko Widodo) selanjutnya untuk kepala daerah tanggal 14 dan 15 Januari," ucapnya.

Dezy mengatakan setelah pimpinan daerah menerima dosis vaksin Sinovac, vaksinasi dilanjutkan dengan terlebih dahulu menuntaskan para tenaga kesehatan.

Pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan rencananya dilakukan sebanyak dua kali dalam kurun waktu 14 hari dari penyuntikan vaksin pertama.

Baca juga: 14.060 dosis vaksin sinovac untuk Kota Bekasi dipastikan tersimpan aman

Sementara proses pelaksanaan vaksinasi terbagi atas empat tahapan yakni pendaftaran dan klarifikasi data, serta pengecekan kesehatan dan klarifikasi riwayat kesehatan.

Kemudian tindakan penyuntikan vaksin oleh tenaga vaksinator dan terakhir pemberian kartu tanda telah disuntik.

"Penerima vaksin akan melewati empat meja berbeda sesuai tahapan vaksinasi, mulai dari mendaftar hingga pemberian kartu sebagai penanda suntik pertama telah dilakukan," ungkapnya.

Baca juga: Vaksin COVID-19 Sinovac telah tiba di Kota Bekasi

Vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Kota Bekasi menggunakan 14.060 dosis vaksin yang didistribusikan Bio Farma Bandung pada Selasa (12/1) lalu yang tersimpan di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kompleks Perum Bumyagara Jalan Bayan 1 Nomor 1 Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021