Bogor, (Antara Megapolitan) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0606/Kota Bogor, Jawa Barat menggalang aksi donor darah yang melibatkan sejumlah anggota TNI, Polres Bogor Kota, anggota Resimen Mahasiswa (Menwa), dan pihak swasta.

"Aksi donor darah itu dalam rangka memperingati Hari Kartini sekaligus menyambut HUT Kodam III/Siliwangi ke-69 tahun 2015," kata Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Letnan Kolonel Inf ARH Rakhman Santoso di sela-sela kegiatan donor darah di Hotel Amarossa, Kota Bogor, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan donor darah ini secara teknis dilakukan oleh petugas medis dari Unit Transfusi Darah Cabang PMI Kota Bogor (UTDC) menargetkan 60 kantong darah dari 100 pendonor yang hadir.

"Donor darah ini sangat penting bagi kemanusiaan. Selain itu juga baik untuk kesehatan para anggota yang rutin mendonorkan darahnya minimal setahun dua kali, ada juga yang setiap tiga bulan sekali," katanya.

Menurut Rakhman pula, aksi kemanusiaan lewat gerakan donor darah itu kerab dilakukan oleh Kodim 0606/Kota Bogor.

Selain secara rutin anggota menyumbangkan darahnya, juga ikut terlibat di berbagai acara-acara donor darah PMI.

"Darah yang dikumpulkan akan disalurkan ke PMI Kota Bogor untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Bogor," katanya.

Sementara itu, Eksekutif Asisten Manajer Hotel Amarossa, Irma Agustin menyebutkan, kegiatan donor darah bekerja sama dengan Kodim 0606/Kota Bogor itu merupakan program pertanggungjawaban sosial atau CSR manajemen hotel.

"Kegiatan donor darah ini merupakan tahun kedua yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Tahun lalu sebanyak 100 kantong darah terkumpul," kata Irma.

Irma menambahkan, kebutuhan akan darah cukup banyak, namun ketersediaanya terbatas.

Hal ini yang mendasari pihaknya menyelenggarakan bakti sosial donor darah bersama Kodim 0606/Kota Bogor dan Polres Bogor, dengan mengangkat tema "Darah untuk Kehidupan".

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015