Bogor, (Antara Megapolitan) - Komandan Korem 061/Suryakancana Kolonel Inf Fulad menyatakan kesiapannya untuk mendukung para budayawan Bogor dalam melestarikan kesenian dan budaya masyarakat Sunda dengan segala kemampuan yang dimilikinya.

"Sudah barang tentu program pelestarian seni dan cagar budaya yang menjadi jati diri bangsa Indonesia harus kita dukung penuh upayanya," kata Kolonel Inf Fulad, di Bogor, Senin.

Kolonel Fulad mengatakan, belum lama ini ia menerima kunjungan sejumlah budayawan Bogor untuk bersilaturahim sekaligus berbagai informasi terkait perkembangan seni dan budaya, serta pembangunan di wilayah Bogor dari sudut pandang para budayawan.

Melalui pertemuan tersebut, pihaknya mendapat banyak informasi terkait situasi terkini baik di Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor terutama mengenai perkembangan kebudayaan, maupun kegiatan-kegiatan seni dan budaya yang dilaksanakan oleh para budayawan.

Menurut Kolonel Fulad, Korem 061/Suryakancana juga memiliki banyak program-program yang berkaitan dengan budaya masyarakat, seperti kegiatan panen raya dalam mendukung program swasembada, karya bhakti TNI dengan pembangunan jalan serta infrastruktur lainnya, dan pembuatan lima juta biopori.

"Yang pasti TNI siap mendukung segala kegiatan positif di masyarakat. Apalagi berkaitan dengan budaya yang merupakan jati diri bangsa," katanya.

Semenatra itu, Ki Wahyu yang mewakili para budayawan mengatakan, kedatangan mereka dalam rangka silaturahim dengan Dandrem 061/Suryakancana sekaligus menjalin komunikasi strategis dalam upaya melestarikan seni dan budaya di wilayah Bogor.

Menurutnya, banyak tantangan yang dihadapi oleh seniman dan budayawan dalam melestarikan seni dan budaya saat ini. Pengaruh era globalisasi sedikit demi sedikit mengikis nilai-nila kebudayaan lokal.

"Situasi saat ini, eksistensi kesenian-kesenian Sunda sudah mulai terkikis oleh waktu. Kami berharap Dandrem 061/Suryakancana dapat mendengarkan curahan hati para budayawan, dan aktif membantu pelestarian kesenian Sunda," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015