Jakarta, (Antara Megapolitan) - Direktur Utama PT Mustika Ratu Tbk, Putri K Wardani berharap pembukaan gerai kafe jamu di pusat perbelanjaan modern akan menggairah pasar jamu di Indonesia dan memudahkan konsumen mendapatkan produk itu.

"Dengan masuknya Kafe Jamu Mustika Ratu ke pasar modern tentu saja peluang pasar jamu semakin meningkat," kata Putri K Wardani di Jakarta, Kamis.

Menurut dia kerja sama dengan pasar modern itu untuk lebih memasyarakatkan jamu dan menjadikan jamu sebagai bagian dari budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Putri yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya itu mengatakan kafe jamu dalam penyajiannya dilakukan secara modern tanpa meninggalkan tradisi budaya yang melekat pada jamu sebagai warisan budaya bangsa secara turun-temurun.

Ia mengatakan dengan dukungan dari pemerintah dan ditambah upaya para pelaku industri jamu yang meresponnya, diharapkan dapat menggairahkan pasar jamu dan memudahkan konsumen.

Hal itu juga akan mendorong tanggapan positif dari kalangan peritel yang menyediakan tempat berjualan seperti yang dilakukan oleh Hypermart dan Giant.

"Diharapkan melalui sinergi terarah, sektor industri jamu akan terus berkembang," katanya. 

Ia mengatakan dengan dorongan dan kebijakan pemerintah sektor industri terkait sudah banyakyang mau ikut mendukung program itu. Jamu menggunakan sumber kekayaan hayati lokal, menggerakan sektor pertanian dan berpotensi sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi secara inklusif.

PT Mustika Ratu sebagai produsen jamu dan kosmetik di Indonesia diberi kesempatan untuk bekerja sama dan mengembangkan Kafe Jamu Mustika Ratu pada pasar modern seperti Hypermart dan Giant.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mendeklarasikan Kabupaten Sukoharjo di Jawa Tengah sebagai Kabupaten Jamu. 

Dalam deklarasi tersebut, Puan didampingi Menteri Koperasi dan UKM AA Puspayoga, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yambise, serta Direktur Utama PT Mustika Ratu Tbk yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya, Putri K Wardani dan pejabat lainnya.

 Hampir semua kementerian di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sepakat bahwa industri jamu sebagai salah satu sektor industri berbasis budaya berdaya saing tinggi yang kaya akan kearifan lokal. 

Indonesia sebagai negara ke-2 di dunia setelah Brazil dalam kekayaan Biodiversitas dan nomor satu jika memasukkan unsur kekayaan tanaman lautnya, maka sudah seharusnya sektor industri ini merupakan salah satu pilar kekuatan ekonomi negara. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015