Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Satgas Ciliwung Kota Bogor, Komunitas Peduli Ciliwung Kota Bogor, serta warga setempat, melakukan penanaman bibit pohon dan bersih-bersih sampah di bantaran Sungai Ciliwung di Kota Bogor.

Bima Arya bersama para pihak terkait melakukan kegiatan penanaman bibit pohon dan bersih-bersih sampah di bantaran Sungai Ciliwung, di Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jumat.

Baca juga: Bima Arya ajak warga kelola sampah dengan benar
Baca juga: Pemkot Bogor aktifkan Satgas Ciliwung

Bima Arya dan rombongan menanam beberapa bibit pohon alpukat di bantaran sungai, serta membersihkan sampah di tepi sungai maupun di badan sungai, terutama sampah plastik. Aksi itu berhasil mengumpulkan puluhan kantong plastik sampah.

Menurut Bima Arya, kegiatan itui merupakan tindak lanjut dari kegiatan Ekspedisi Ciliwung yakni menyusuri Sungai Ciliwung dari Kota Bogor sampai ke Pintu Air Manggarai di Jakarta Selatan, pada 10-11 November lalu.

Pada kegiatan bersih-bersih sungai ini, Bima menyatakan, dirinya ingin memberikan motivasi kepada Satgas Ciliwung dan pihak terkait lainnya, guna menjaga dan memelihara kebersihan aliran Sungai Ciliwung.

Baca juga: Waduh, ada limbah medis terapung di Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung, kata dia, melintasi 14 kelurahan di Kota Bogor, sehingga dirinya juga memberikan motivasi kepada para lurah yang wilayahnya dilintasi Sungai Ciliwung, untuk menjaga kebersihan sungai, memberikan edukasi kepada warga, sekaligus mencari solusinya. "Saat ini masih musim hujan, jadi masih ada potensi banjir,: katanya.

Menurut Bima Arya, untuk mencegah longsor dan banjir, upaya pencegahannya yang efektif adalah melakukan penghijauan yakni menanam pohon. "Dengan menanam pohon tanaman keras, pengaruhnya akan lebih efektif dan lebih alami, dari pada memasang bronjong," katanya.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020