Koperasi Peran Serta Wanita (Koperwan) Bogor, Jawa Barat menggandeng Perhutani melaksanakan penanaman 300 bibit pohon di lingkungan Perumahan Kota Wisata, Limus Pratama, dan Villa Nusa Indah, Gunungputri, Kabupaten Bogor.

"Ibu-ibu sengaja kami libatkan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan positif yang mampu menjadi contoh bagi keluarga, dan masyarakat demi kebaikan bersama," kata Ketua Koperwan Bogor, Seraphine Destina Nurani di Bogor, Kamis (5/11).

Baca juga: Kepala BNPB hingga Bupati Bogor tanam ribuan pohon di hulu Sungai Ciliwung

Menurutnya, bibit pohon yang ditanam yaitu 150 bibit pohon buah-buahan seperti manggis, durian, nangka, jeruk, belimbing, mangga, dan jambu kristal, serta 150 bibit penghijauan pohon sengon.

Seraphine menyebutkan bahwa pertimbangan memilih bibit pohon, yaitu dengan harapan dapat menjadi sumber pendapat ekonomi, kemudian ketika pohon tumbuh besar dan rindang, dapat menambah sumber oksigen.

Baca juga: Kampung Buntar Bogor direstorasi dengan tanam bibit pohon pala

Sementara itu, Sekretaris Utama Koperwan Bogor, Leifia Mamahit mengatakan, kegiatan menanam pohon dengan menggandeng Perhutani ini merupajan satu dari tujuh kegiatan Koperwan Bogor yang akan direalisasikan secara paralel jelang pengukuhan pengurus baru pada 23 Desember 2020.

“Kami melakukan banyak kegiatan sosial untuk mengajak ibu-ibu berkegiatan positif. Jadi, bukan sekadar Koperasi Simpan Pinjam, namun juga mengajak seluruh wanita Bogor untuk peduli pada sesama dan lingkungannya," kata Leifia.

Baca juga: PDIP canangkan gerakan "Leuweung Pajajaran" dengan penanaman bibit pohon

Selain penanaman pohon, enam kegiatan lainnya adalah pelepasan bibit ikan, pembagian sembako untuk panti asuhan dan keluarga tak mampu, pembagian masker dan hand sanitizer, pemotongan rambut, pengolahan dan penyuluhan manfaat sampah.

Ia berharap, kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi contoh bagi komunitas lain dan lingkungan sekitarnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020