Universitas Pancasila memperingati HUT ke-54 Tahun dengan tema “54 Tahun Universitas Pancasila Membangun Insan yang APIK (Adaptif-Produktif-Inovatif-Kontibutif) untuk Indonesia Unggul” yang berlangsung di Aula Fakultas Teknik lantai 4.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang belum mereda, peringatan HUT Ke 54 Universitas Pancasila (UP) dilaksanakan terbatas dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat. 

Hadir Yayasan, Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas/SPs., Ketua/Kepala Lembaga, Kepala Biro, Perwakilan Pegawai, Mitra UP, Ketua KAUP, Ketua Senat, Ketua BP KMUP. Sementara itu seluruh pegawai lainnya baik yang WFO maupun WFH juga turut serta dalam peringatan HUT ke 54 ini dan bisa menyaksikannya melalui live streaming youtube UP. 

Baca juga: FT Universitas Pancasila gelar webinar internasional dengan tema inovasi hijau

Universitas Pancasila yang berdiri 28 Oktober 1966 bersamaan dengan Sumpah Pemuda aktif melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam upaya menghadapi Revolusi Industri 4.0  yang dinamis serta tetap mampu berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur Pancasila. 

Pada tahun akademik 2020/2021 ini jumlah penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 sebanyak 2539 mulai dari program D3, S1, Profesi Apoteker, S2, dan S3. Dari 27 prodi yang ada sejumlah 17 prodi terakreditasi A, akreditasi A juga diperoleh Universitas Pancasila sebagai institusi di samping ISO 

Dalam sambutannya Rektor Universitas Pancasila Prof. Wahono Sumaryomo menyampaikan perkembangan UP selama tahun 2020, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Bidang akademik, Universitas Pancasila menerapkan pembelajaran Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, Prodi S3 Farmasi telah meluluskan 3 Doktor dengan IPK rata-rata 4.0., Jumlah mahasiswa aktif  UP pada tahun akademik 2020/2021 mencapai 12.165.

Baca juga: Universitas Pancasila membangun Edu Tecno Park di Fakultas Teknik

Selain itu Fakultas Hukum UP  dengan Youngsan University Korea Selatan berkolaborasi untuk program Joint Degree S1 Ilmu Hukum. Serta rencana pembukaan 5 (lima) Prodi baru, yakni Prodi Magister Kajian Pancasila dan Kepemimpinan Publik (SPs),  Prodi Doktor Teknik Mesin, Prodi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Kawasan, Prodi Profesi Arsitektur, Prodi S1 Teknik Perkeretaapian (dari Fakultas Teknik), Prodi Vokasi D4 MICE-Fakultas Pariwisata, dan Prodi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum.

Baca juga: Universitas Pancasila-Youngsan University kerja sama program joint degree

Pada Bidang non-akademik UP juga berhasil meraih P4GN dari Badan Narkotika Nasional pada Juni 2020, karena berperan aktif dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rencana pembangunan 4 (empat) rumah ibadah untuk agama Budha, Hindu, Katholik, serta Kristen Protestan sebagai bentuk perwujudan nilai luhur Pancasila khususnya sila Ke Tuhanan YME.

Dalam rangka memperingati HUT-54 UP, Dekan FHUP Prof.Dr. Eddy Pratomo melaunching buku biografi “Diplomat Kesasar” pada tanggal 21 Oktober 2020 dan diikuti dengan peluncuran buku Prof.Mardjono Reksodiputro “Semangat Tak Pernah Padam” pada tanggal 24 Oktober 2020.  Rabu, 28 Oktober 2020 Rektor menobatkan 100 mahasiswa perserta Entrepreneur day menjadi Wirausaha Muda Universitas Pancasila tahun 2020.

Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Pembina Yayasan Bapak Siswono Yudo Husodo. Ditengah kondisi eksternal yang dinamis dan kompleks ini Universitas Pancasila terus berupaya semakin maju untuk menghasilkan lulusan yang APIK (Adaptif-Produktif-Inovatif-Kontibutif).
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020