Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan melakukan rapid test massal di terminal induk Baranangsiang untuk menelusuri potensi penularan COVID-19 pada libur panjang cuti bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno di Bogor, Kamis mengatakan, pelaksanaan rapid test di terminal Baranangsiang ini dilakukan secara acak, kepada sopir bus dan angkot, kernet, penumpang, pedagang, maupun profesi lainnya yang berada di terminal.

Baca juga: Hari ini ada enam kasus baru positif COVID-19 baru di Kota Bogor
Baca juga: Lagi, ditemukan empat kasus positif COVID-19 di Kota Bogor

Dinas Kesehatan menyiapkan 100 sampel tes untuk dilaksanakan di terminal Baranangsiang, pada Kamis hari ini. "Hasil rapod test hari ini, semuanya negatif, tidak ada satu pun yang reaktif," katanya.

Dinas Kesehatan, sebelumnya juga telah melakukan rapid test di terminal Baranangsiang pada Rabu (28/10).

"Dari 100 sampel tes yang disiapkan, tapi hanya terlaksana kepada 50 orang. Dari 50 orang itu, ditemukan satu orang reaktif. Orang itu diberikan surat pengantar untuk menjalani tes swab di RSUD Kota Bogor," katanya.

Baca juga: Hasil tracing Dinkes Kota Bogor temukan delapan kasus positif COVID-19

Retno menjelaskan, selama libur cuti bersama, mulai Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11), Dinas Kesehatan terus melakukan rapid test di tempat-tempat keramaian, untuk mencegah kemungkinan penularan COVID-19 dari kunjungan masyarakat Jakarta dan sekitarnya ke Kota Bogor.

Menurut Retno, Dinas Kesehatan menjadwalkan pelaksanaan rapid test berikutnya di Stasiun Bogor pada Jumat (30/10).

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020