Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menggulirkan program Perluasan Areal Tanam Baru untuk memastikan tetap terjaganya ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian setempat Agus Rachlan Suherlan, di Karawang, Jumat mengatakan, saat ini daerahnya mendapatkan alokasi untuk program Perluasan Areal Tanam Baru di wilayah Purwakarta seluas 225 hektare.

Baca juga: Petani Purwakarta diimbau lakukan percepatan tanam
Baca juga: Program Beras Welas Asih; Upaya membangun ketahanan pangan

Lahan yang bisa dijadikan areal tanam baru di antaranya dengan memanfaatkan lahan kering, kebun dan lahan bekas tebangan.

"Kami bersyukur Purwakarta mendapat alokasi program Perluasan Areal Tanam Baru dari Kementan RI, tentu program ini kita sambut baik dan petani di Purwakarta siap untuk melaksanakan program itu," katanya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap program ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas padi, khususnya di wilayah Purwakarta.

"Kami berharap petani bisa memaksimalkan bantuan yang ada, sehingga produksi padi di Purwakarta terus meningkat," kata dia.

Baca juga: Dedi Mulyadi minta petani juga mendapat subsidi bulanan di tengah pandemi

Melalui program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan produksi sebanyak 432 ton beras.

Sedangkan sebelumnya, sesuai data realisasi tanam pada masa tanam Oktober 2019 hingga September 2020 telah berhasil ditanam seluas 40.800 hektare dengan perkiraan dapat menghasilkan sekitar 137.035 ton beras. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020