Barcelona (Antara/AFP/AntaraNews-Bogor) - Penyerang Barcelona Neymar mencetak dua gol dan Luis Suarez juga mengemas gol ketika mereka menang 3-1 pada Rabu (Kamis WIB) atas Villarreal dan menang agregat 6-2, untuk mencapai final Piala Raja keempat mereka dalam lima tahun di mana mereka akan berhadapan dengan Athletic Bilbao.

Bilbao menang 2-0 di markas Espanyol pada Rabu, dan mengunci kemenangan agregat 3-1, Aritz Aduriz dan Xabier Etxeita mencetak gol pada babak pertama bagi Athletic untuk menyiapkan ulangan final Piala Raja 2012 yang saat itu dimenangi Barca.

Ini akan menjadi final pertama bagi Barca di bawah asuhan Luis Enrique namun sang pelatih belum berpikir terlalu jauh.

"Ini sangat bagus namun sekarang kami perlu berkonsentrasi pada hal-hal lain. Kami tentu saja gembira," kata Enrique kepada para pewarta.

"Kami tidak ingin memikirkan berbagai pertandingan sekaligus, namun satu demi satu yang mampu kami kendalikan. Kami ingin mampu mengendalikannya tanpa mengalami masa-masa sulit apapun."

"Mereka (Villarreal) memiliki dua atau tiga peluang pada babak pertama dan kemudian setelah itu kami lebih banyak mengendalikan (permainan). Kami ingin memenangi pertandingan namun selalu memegang kendali (permainan)."

Villarreal bermimpi dapat membalikkan kekalahan pada pertandingan pertama di Nou Camp untuk mencapai final pertama mereka, namun harapan mereka pudar ketika Neymar mencetak gol pada menit ketiga.

Lionel Messi mengirim umpan silang dari sayap kanan, yang diteruskan Neymar untuk menaklukkan kiper Sergio Asenjo.

Villarreal berupaya mengejar meski terdapat tugas berat di hadapan mereka, dan Jonathan dos Santos mengonversi umpan silang Jaume Costa pada menit ke-39 untuk menyamakan kedudukan.

Barca berjuang keras untuk mengatasi pergerakan serangan Villarreal, namun peluang realistis apapun untuk dapat bangkit menjadi sirna ketika Tomas Pina diusir keluar lapangan pada menit ke-64 karena pelanggaran kerasnya terhadap Neymar dari belakang.

Suarez mengejar bola panjang dari Javier Mascherano dan mengecoh kiper untuk membuat Barca memimpin, dan Neymar menyambar umpan silang Xavi Hernandez untuk mengunci kemenangan yang dinodai oleh cedera pergelangan kaki gelandang Sergio Busquets.

"Kami menghadapi tim kuat dengan pemain-pemain yang memiliki banyak kualitas," kata Neymar kepada para pewarta.  

"Kami tahu ini akan sulit dan saya gembira sekarang kami kembali berada di final."

Penerjemah: A.R.A Adipati/I. Suhirwandi.

Pewarta:

Editor : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015