Universitas Pancasila (UP) memberikan pembekalan kuliah secara dalam jaringan (Daring) selama lima hari mulai 14 hingga 18 September 2020 kepada mahasiswa baru kampus agar lebih mengenali sistem perkuliahan dan lingkungan kampus tersebut.

"Universitas Pancasila menyadari bahwa pembelajaran daring tidak selalu mudah untuk semua pihak, terutama mahasiswa baru yang belum mengenali sistem perkuliahan dan lingkungan kampus," kata Ketua Panitia penerimaan mahsiswa baru yang juga Wakil Rektor III Dr. Drs. Joko Hartanto, SH., M.Si di Kampus UP Jakarta, Minggu.

Oleh karena itu dalam waktu yang singkat mulai pukul 07.30-13.00 WIB selama 5 hari, panitia pelaksana berusaha untuk memberikan Informasi selengkap-lengkapnya.

UP telah melaksanakan rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru Universitas Pancasila (PKKMB UP) Acara PKKMB UP telah dilaksanakan dengan lancar, tertib dan sarat dengan informasi. 

Baca juga: Universitas Pancasila siap cetak lulusan yang unggul

Joko Hartanto menyampaikan terima kasih kepada orang tua atas  kepercayaan dan juga kehadiran para orang tua dalam acara open house virtual, juga memberikan selamat atas  keberhasilan para mahasiswa baru yang telah melewati persaingan ketat untuk meraih tempat belajar di kampus.

Materi yang diberikan antara lain adalah pengenalan terhadap generasi Z yang merupakan generasi mahasiswa baru saat ini, agar mereka mengenali karakteristik mereka sendiri saat kuliah, kemudian diberikan materi mengenai cara belajar di perguruan tinggi di masa pandemi, juga tentang bagiamana bersiap menjadi generasi merdeka belajar. 

Materi selanjutnya mengajak untuk berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan saat menjadi mahasiswa, terkait resiko keterpaparan terhadap radikalisme, narkoba serta pelecehan seksual. 

Baca juga: Siswono: Lulusan perguruan tinggi saat ini dituntut mampu beradaptasi

Mahasiswa diminta mengenali ciri-ciri kekerasan dalam pacaran dan juga dalam media sosial, sehingga dapat terhindar menjadi korban. 

Materi yang tak kalah pentingnya adalah menjadi green generation, yaitu generasi yang peduli terhadap lingkungan, terdapat pula materi mengenai kesehatan mental dan tentang manfaatnya mengikuti organisasi kemahasiswaan untuk menambah keterampilan sosial dan organisasi. 

Baca juga: Dekan FHUP dorong mahasiswa aktif lakukan penelitian

Mahasiswa baru juga diajak berkenalan dengan para pimpinan di fakultas masing-masing dan mendapat informasi mengenai sistem perkuliahan. Terdapat pula video tur kampus dan layanan dari lembaga-lembaga yang ada di UP sehingga mereka dapat membayangkan aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di kampus.

Joko Hartanto mengatakan tentunya segenap pimpinan, dosen, karyawan dan juga mahasiswa sangat menantikan pertemuan dengan para mahasiswa baru secara langsung. Namun demikian pada proses adaptasi ini kita semua memang harus dapat menari dengan perubahan yang terus terjadi. 

Baca juga: Universitas Pancasila terbitkan tiga peraturan rektor terkait Kampus Merdeka

Oleh karena itu sekali lagi selamat kepada para mahasiswa baru yang  telah berhasil meraih status maha atas kesiswaan diri anda sekalian, kalian telah dewasa dan harus menjadi generasi penerus yang tangguh, mari bersama UP kita berdaptasi dan menjadi generasi unggul.”

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020