Bogor, (Antaranews Bogor) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memprioritaskan pembangunan 14 kebun raya dengan menempatkan 28 pegawai tidak tetap dalam rangka mendukung program percepatan pembangunan kebun raya daerah.

"Ada 14 kebun raya daerah yang menjadi prioritas untuk dibangun hingga 2019 nanti, baik itu kebun raya daerah yang terletak di perkotaan maupun non-perkotaan," kata Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI Dwi Murti Puspitaningtyas di Bogor, Rabu.

Untuk menempatkan 28 pegawai tidak tetap Kebun Raya Bogor di 14 kebun raya daerah, pihaknya memberikan pendidikan dan latihan kepada seluruh PTT selama dua minggu, pada 5-18 Februari 2015.

Tujuan pembekalan tersebut, katanya, untuk mempersiapkan PTT Kebun Raya Daerah yang terlatih dan memahami kaidah-kaidah perkebunrayaan agar dapat membantu mengelola kebun raya di daerah yang sedang dibangun.

"Mendukung percepatan pembangunan kebun raya daerah serta memperkuat posisi PKT Kebun Raya LIPI sebagai pemangku peran koordinatif dalam membangun kebun raya di daerah," katanya.

Ia mengatakan dalam pembangunan kebun raya daerah, PKT Kebun Raya LIPI bertanggung jawab untuk memberikan pembinaan dan pengawasan teknis dalam bidang perkebunrayaan di Indonesia.

Sebanyak 14 kebun raya daerah yang menjadi prioritas pembangunan 2015-2019, yakni KR Samosir (Sumatera Utara), KR Batam (Kepulauan Riau), KR Sriwijaya (Sumatera Selatan), KR Liwa (Lampung), KR Kuningan (Jawa Barat), KR Batu Raden (Jawa Tengah), KR Lombok (Nusa Tenggara Barat), KR Sambas (Kalimantan Barat), KR Banua (Kalimantan Selatan), KR Katingan (Kalimantan Tengah), KR Kendari (Sulawesi Tenggara), KR Pucak (Sulawesi Selatan), dan KR Jompoe Parepara (Sulawesi Selatan).

"Selain itu, ada penambahan KR Massenrempulus Enrekang (Sulawesi Selatan)," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini, Indonesia baru memiliki 25 kebun raya, di mana lima di antaranya berada di bawah pengelolaan LIPI, yakni KR Bogor, KR Cibodas, KR Purwodadi, KR Bali, dan KR Cibinong Scince Center Botani Garden (CSC-BG), serta 23 kebun raya daerah yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah daerah dengan asistensi dan pembinaan dari PKT Kebun Raya LIPI.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015