Sukabumi, (Antaranews Bogor) - Panen raya cabai di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyebabkan harga bumbu dapur ini anjlok bahkan penurunan harganya sekitar 50-70 persen yang disebabkan pasokan melimpah ke pasar.

"Dari pantauan kami langsung di lapangan harga cabai menurun dan diharapkan harganya bisa kembali stabil setelah panen raya ini berlangsung," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi, Asef Jafar kepada Antara di Sukabumi, Jumat.

Adapun harga cabai rawit hijau saat ini rata-rata dijual dengan harga Rp25 ribu hingga Rp28 ribu setiap kilogramnya yang awalnya mencapai Rp60 ribu sampai Rp65 ribu/kg. Kemudian cabai keriting, dari Rp65 ribu menjadi Rp30 ribu-Rp32 ribu setiap kilogramnya, kemudian cabai besar saat ini harganya Rp55 ribu/kg yang awalnya mencapai Rp90 ribu/kg.

Menurutnya, panen raya cabai ini sangat mempengaruhi harga cabai, apalagi Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil cabai di Indonesia. Belum lagi pasokan dari berbagai daerah yang merupakan lumbung cabai, sehingga harganya terkoreksi turun karena persediaan dan pasokan yang melimpah.

"Kami juga mengimbau kepada pedagang agar menyesuaikan harga cabai ini dan jangan sampai melakukan penimbunan yang menyebabkan persediaan di pasar berkurang yang imbasnya akan memicu kenaikan harga," tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri, Anwar mengatakan dari hasil rapat koordinasi Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPPID) Kabupaten Sukabumi dengan kondisi panen raya ini diprediksi harga segala jenis cabai akan kembali normal pada Maret/April mendatang yang harganya dipastikan tidak akan lebih dari Rp25 ribu setiap kilogramnya.

"Kami terus memantau setiap perkembangan harga kebutuhan pokok khususnya cabai yang harganya sempat melonjak hingga Rp100 ribu setiap kilogramnya. Namun, setelah panen raya ini dimulai maka kami yakin harganya akan kembali normal," katanya.

Di tempat terpisah, salah seorang pedagang di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi, Yayan mengatakan sudah sepekan terakhir ini harga cabai merosot, karena pasokan dan cadangan yang melimpah. Penurunan harga ini disebabkan sudah mulai masuk panen raya sehingga harga baik dari petani maupun distributor turun.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015