Cibinong, Bogor, (Antaranews Bogor) - Pelaksana tugas Bupati Bogor Nurhayanti berharap Kabupaten Bogor menjadi kabupaten layak anak terbaik di Indonesia.

"Sudah sepatutnya Kabupaten Bogor jadi kabupaten layak anak tingkat utama di Indonesia," kata Plt Bupati Bogor saat membuka Hari Ulang Tahun Dharma Wanita tingkat Kabupaten Bogor di Cibinong, Jawa Barat, Rabu.

Kata Nurhayanti, memang tahun 2014 Kabupaten Bogor sudah menyandang predikat sebagai kabupaten layak anak tingkat madia di Indonesia. Namun, dengan tersosialisasikannya Undang-Undang sistem peradilan pidana anak di Kabupaten Bogor, maka pemerintah daerah akan bekerja keras untuk menciptakan peradilan yang sesuai dengan amanat Undang-Undang dan naik kelas ke tingkat utama.

Pemkab Bogor, Kejari Cibinong, Pengadilan Negeri Cibinong, Polres Bogor, Lembaga Pemasyarakatan dan LSM perlindungan anak sudah melakukan persamaan persepsi aparat penegak hukum dalam praktik diversi sistem peradilan pidana anak di Kabupaten Bogor.

"Saya berhara penuh pada persamaan persepsi aparat penegak hukum untuk membangun lingkungan yang kondusif bagi terwujudnya Kabupaten layak anak," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten layak anak bisa memberi ruang bagi anak yang berhadapan dengan hukum. Anak bisa memperoleh keadilan restoratif dengan menekankan proses pemulihan diversi, yakni pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

lebih lanjut, dia mengatakan dalam menjamin hak-hak dasar anak, sistem peradilan pidana di Indonesia membuka peluang diversi dengan tujuan mencapai perdamaian antara korban dan anak, menyelesaikan perkara anak di luar proses peradilan, menghindarkan anak dari perampasan kemerdekaan dan mendorong masyarakat untuk berpartipasi serta menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak.

"Semua itu dapat tercipta jika seluruh masyarakat bekerjasama dalam meningkatkan kualitas hidup anak agar menjadi jadi lebih baik," katanya.

Ia memastikan Kabupaten Bogor layak anak mampu menciptakan generasi muda unggulan yang berdaya saing tinggi, serta terhindar dari tindakan kejahatan baik moral maupun mental.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014