Anggota DPR RI Dedi Mulyadi meminta pemerintah menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online atau daring bagi pelajar sekolah dasar di wilayah perdesaan dan membuka sistem belajar tatap muka.

"Belajar online untuk mencegah penularan COVID-19 itu tidak cocok bagi siswa SD di perdesaan," kata Dedi dalam sambungan telepon yang diterima di Karawang, Senin.

Baca juga: Dedi Mulyadi ajak warga gunakan daun untuk bungkus daging kurban

Ia menyarankan agar belajar tatap muka di desa yang sudah clean bisa segera dilakukan, terutama untuk sekolah dasar.

Mantan Bupati Purwakarta ini mengatakan, sistem belajar daring untuk siswa SD di perdesaan tidak akan efektif. Karena rata-rata mereka tidak memiliki ponsel. Selain itu, untuk siswa SD, belajar membaca dan menulis via daring tidak akan berhasil.

"Siswa SD itu butuh panduan langsung dari guru, terutama untuk belajar membaca dan menulis. Kalau daring akan sulit," kata Dedi.

Baca juga: Dedi Mulyadi tidak betah berlama-lama di gedung DPR karena minim ventilasi

Dikatakannya, belajar daring hanya cocok untuk siswa SD di wilayah perkotaan. Karena umumnya siswa SD di wilayah perkotaan sudah bisa membaca dan menulis sebelum masuk SD.

Sarana pendukung belajar daring juga rata-rata sudah tersedia dan memadai di wilayah perkotaan. Bahkan siswa SD di kota umumnya sudah terbiasa memakai gawai dan jaringan internetnya juga tersedia.

Baca juga: DPR dan Kementerian LHK sepakat kaji status daerah tujuan wisata Kawasan Baduy

Dedi mengatakan, untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar tatap siswa SD, itu memerlukan syarat, di antaranya tenaga pengajarnya harus melakukan tes swab terlebih dahulu.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020