Bogor, (Antaranews Bogor) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jawa Barat, kembali meraih KPU Award tingkat nasional untuk kategori transparansi informasi pemilu.

Penghargaan KPU Award tingkat nasional ini diterima KPU Kota Bogor dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) KPU seluruh Indonesia di Jakarta, Rabu.

"Alhamdulilah KPU Kota Bogor menjadi satu-satunya kota di Provinsi Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional ini," kata Komisioner bidang Hukum KPU Kota Bogor Siti Natawati.

Siti menyebutkan penghargaan yang diterima oleh KPU Kota Bogor sebagai bukti bahwa totalitas kinerja penyelenggara pemilu tersebut diakui secara nasional.

Sebelumnya, KPU Kota Bogor telah meraih dua penghargaan KPU Award tingkat Jawa Barat untuk kategori keterbukaan informasi dan akses pemilu.

Tingkat nasional, nominasi keterbukaan informasi selain dipegang oleh KPU Kota Bogor juga KPU Denpasar dan Mandailing Natal.

"KPU Kota Bogor memenuhi seluruh penilaian, akses informasi selain dari website juga adanya akses informasi untuk publik yang diberikan oleh KPU, ini membuat kita meraih juara," kata Siti.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bogor Undang Suriatna mengatakan, penghargaan yang diterima menjadi kebanggan tersendiri bagi Kota Bogor, karena usaha dan upaya yang dilakukan sebaik mungkin memberikan informasi tentang pemilu kepada masyarakat.

Ia mengatakan, KPU Kota Bogor telah menyusun SOP untuk dapat mengakses informasi pemilu bagi publik sejak 2012. Dan metode serta sop-sop tersebut dijalankan pada pelaksanaan pemilu 2013 dan 2014.

"Kami merujuk pada Undang-Undang Ketebukaan Informasi Publik, karena kita ingin transparansi dalam penyelenggaraan pemilu," kata Undang.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik tidak hanya diberikan kepada masyarakat luas tetapi juga kepada peserta pemilu, sehingga sedapat mungkin seluruh komponen masyarakat dapat mengakses informasi pemilu.

Selain itu, lanjut dia, KPU Kota Bogor juga sudah melakukan digitalisasi data pemilu untuk memudahkan akses informasi penyelenggaraan pemilu di kota tersebut.

"Kedepan kita akan terus mengoptimalkan digitalisasi data pemilu Kota Bogor, agar arsip dan dokumen penyelenggaraan pemilu tersimpan baik, sehingga dapat menjadi bahan untuk pembelajaran, evaluasi dan optimalisasi pendidikan pemilu di masyarakat," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014