Cibinong, (Antaranews Bogor) - Wakil Bupati Bogor Nurhayanti menegaskan bahwa pemerintah daerah tidak punya arti apa-apa tanpa bantuan kepala desa dalam mengimplementasikan program pembangunan.

"Karena itu, sebagai garda terdepan dalam mengimplementasikan program dan kegiatan Pemkab Bogor, diperlukan penguatan-penguatan, termasuk oleh kepala desa (kades)," katanya seperti disampaikan Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo Kabupaen Bogor, Jawa Barat, Erwin Suriana di Cibinong, Selasa.

Pada Senin (24/11) Wabup menghadiri silaturahim akbar para kepala desa se-Kabupaten Bogor dan pelantikan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) sekaligus diskusi umum implementasi UU Nomor 6 tahun 2014 dan PP Nomor 43/2014 tentang Desa, yang berlangsung di Kecamatan Cileungsi.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan pelantikan 40 pengurus DPK oleh Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bogor, M. Anshori.

Penguatan tersebut, katanya, untuk dapat mengimplementasikan Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa.

"Sehingga apa yang tertuang di dalam UU tersebut bisa dijabarkan di lingkungan kerjanya," katanya.

Nurhayanti dalam kesempatan itu juga mengharapkan para kepala desa sebagai figur pimpinan dapat bertugas menyelenggarkan pemerintahan desa serta melaksanakan pembangunan desa.

"Kepala desa pun harus memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis serta menentukan wajah desa selama kepemimpinanya," katanya.

Wabup meminta perangkat desa mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, yakni terselenggaranya pemerintahan dan pembangunan serta upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Jawa Barat,Enjoy Rizky berharap pengurus dewan pimpinan kecamatan (DPK) agar bisa membangun desanya lebih maju dengan mandiri agar tidak menjadi beban bagi pemerintah daerah.

Untuk itu, katanya, pengurus DPK pun harus bisa bersinergi dengan pemerintah daerah agar program yang digulirkan dapat berjalan di setiap desa dan menyentuh kepada masyarakat.

"Saya minta kepada pengurus DPK yang baru saja dilantik untuk bisa membangun desa nya secara mandiri dan menjalankan program-program yang digulirkan Pemkab Bogor agar bisa menyentuh kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014