Tes usap (swab) yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bogor terhadap sekitar 100 orang warga di sebuah perumahan di Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, pada Sabtu (6/6), hasilnya seluruhnya negatif.

"Alhamduillah, hasil tesnya semuanya negatif," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Bogor, Irwan Riyanto, yang juga Koordinator Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, di Kota Bogor, Rabu.

Baca juga: Lacak penyebaran COVID-19, Pemkot Bogor lakukan tes swab 100 warga Cilendek Barat

Petugas dari Dinas Kesehatan melakukan tes swab terhadap sejumlah warga di perumahan tersebut, karena sebelumnya, pada Selasa (2/6), menemukan ada satu warga di perumahan itu yang positif Covid-19 dan sudah dijemput oleh petugas kesehatan.

Namun, warga pasien positif Covid-19 yang seharusnya menjalani isolasi mandiri di dalam kamar di rumahnya, ternyata belum menjalani isolasi mandiri dan malah berinteraksi dengan tetangga sekitarnya.

Baca juga: Kadinkes Kota Bogor kaget ada pasien COVID-19 tidak menjalani isolasi

Setelah ditelurusi, warga sekitar yang pernah kontak langsung dengan pasien positif tersebut, ditemukan ada sekitar 100 orang yang kemudian disebut orang dalam pemantauan (ODP).

Karena itu, Dinas Kesehatan melakukan penelusuran penyebaran Covid-19 dengan melakukan tes usap terhadap warga sekitar yang pernah kontak langsung dengan pasien psotif, pada Sabtu (6/6).

Baca juga: Lagi, delapan pasien positif COVID-19 di Kota Bogor sembuh

Menurut Irwan, dari hasil tes usap itu setelah dilakukan uji dilaboratorium, hasilnya semuanya negatif. Dengan adanya hasil tes swab ini, kata dia, memberikan kepastian dari rasa was-was dan khawatir sejumlah warga, terhadap posisinya yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Dengan hasil tes yang seluruhnya negatif itu, maka warga yang menjalani tes itu menjadi bebas. Tidak ada kekhawatiran, bisa menularkan pada orang lain," katanya.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020