"Dalam derai air mata, saya mensyukuri semua hadiah Mbah Moen. Terima kasih atas kasih sayang Mbah kepada saya," ujar Allisa.
Jakarta (ANTARA) - Putri sulung mantan Presiden keempat RI, Alissa Wahid membagikan beberapa kenangannya dengan sosok KH Maimun Zubair (Mbah Moen) melalui cuitan di akun twitternya.

Menurutnya, tokoh yang akrab disapa Mbah Moen ini penuh kasih sayang dan ia mendapatkan banyak "hadiah" dari Mbah Moen semasa beliau hidup.

"Banyak sekali hadiah yang Mbah Moen telah berikan kepada saya. Surban Mbah, kerudung, uang di amplop kecil... belum lagi hadiah imaterial yang begitu banyak," ujarnya, dalam cuitan yang dikutip di Jakarta, Selasa.

"Dalam derai air mata, saya mensyukuri semua hadiah Mbah Moen. Terima kasih atas kasih sayang Mbah kepada saya," ujar dia.

Alissa juga mengenang bagaimana sosok dari Nahdlatul Ulama ini juga sangat menghormati ayahnya, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Mbah Moen, tidak pernah absen pada #HaulGusDur sejak Gus Dur Wafat.

"Sejak Gus Dur wafat, (Mbah Moen) tidak pernah melewatkan #HaulGusDur di makam Gus Dur di Tebuireng, kecuali saat beliau tidak sehat," ujarnya mengenang.

Berbicara mengenai #HaulGusDur, Alissa kemudian bercerita bagaimana acara pada Desember 2018 lalu menjadi #HaulGusDur terakhir yang Mbah Moen datangi.

"Dan #HaulGusDur di Ciganjur yang terakhir, Desember 2018 lalu, saat saya jadi ketua panitianya, alhamdulillah akhirnya Mbah Moen rawuh dan tausiah. Rupanya itu Haul Gus Dur terakhir juga untuk Mbah," kata dia.

"Semoga Mbah dan Bapak dapat berkumpul nggih, Mbah. Pasti seru bercerita sejarah," tulis Alissa dalam ulasan di akun twitternya itu.
Baca juga: Dua rencana lokasi pemakaman Mbah Moen

Maimun Zubair adalah salah satu tokoh di PPP yang menjabat sebagai Ketua Majelis Syariah.

Saat ini, dia menjabat sebagai pimpinan Pondok Pesantren Al Anwar di Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Kiai Maimun meninggal dunia saat tengah menjalankan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi pada Selasa pukul 08.17 WIB. Info tersebut disampaikan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD melalui akun Twitter @mohmahfudmd.

"Inna lillah wa innaa ilaihi raji'un. Kyai Maimoen Zubeir (Mbah Moen) wafat di tanah suci Makkah jam 8.17 WIB tadi," tulis Mahfud dalam akun Twitternya.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019