Kloter 9 calhaj Riau masuk asrama Embarkasi Haji Antara

Kloter 9 calhaj Riau masuk asrama Embarkasi Haji Antara

Petugas mendorong calon haji lanjut usia atau lansia menggunakan kursi roda di Asrama Haji Riau, di Kota Pekanbaru, Jumat (5/7/2019). ( ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 439 jamaah calon haji (calhaj) Provinsi Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9 sudah memasuki asrama Embarkasi Haji Antara (EHA), Jumat.

"Iring-iringan bus yang membawa rombongan calon haji kloter 9 itu tiba di Asrama Haji Antara Riau sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah turun dari bus, ratusan calon haji itu langsung berkumpul di aula asrama untuk mengikuti prosesi penyambutan," kata pranata humas ahli Kanwil Kemenag Riau, Vethria Rahmi di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia,, selain menjalani pemeriksaan kesehatan, jamaah juga menerima pembinaan dari para panitia PPIH terkait pelayanan dan rutinitas selama di embarkasi sekaligus tata cara ibadah haji di Tanah Suci.

Pembinaan dan arahan itu diberikan kepada mereka seiring dipanggilnya jamaah satu per satu untuk melakukan tahap pemeriksaan kesehatan, pemasangan gelang besi, menerima uang saku dan kunci kamar.

Kedatangan jamaah Kloter 9 disambut oleh Kakanwil Kemenag Riau selaku Wakil Ketua PPIH, Mahyudin, serta para petugas PPIH lainnya yang sudah dari pagi menunggu jamaah di aula kedatangan EHA Riau.

Rahmi menyebutkan, seperti dilaporkan Kasi Penerimaan Jamaah Hasan Namal, kloter 9 yang masuk ke asrama pada hari ini berasal dari gabungan dua kabupaten, yakni asal Kabupaten Pelalawan 271 jamaah, dan Kabupaten Kampar sebanyak 168 jamaah.

"Jumlah calhaj yang masuk pada kloter 9 sebanyak 439 orang, ditambah dengan petugas sebanyak 5 orang, dan TPHD/TKHD 2 orang. Seharusnya jumlah kloter 9 itu adalah 448 calhaj, akan tetapi ada yang sakit dan satu lainnya pendamping, yakni Silahkan Suhasim dan Milih Sukarma sehingga pemberangkatan mereka ditunda," katanya.

Rencananya calhaj kloter 9 ini akan berangkat menuju Tanah Suci pada Sabtu (13/7) pagi pukul 10.00 WIB. Hanya saja sebelum pemberangkatan akan dilakukan prosesi pelepasan jamaah di EHA sekitar 00.15 WIB.

"Insya Allah prosesi pemberangkatan jamaah haji kloter 1 akan dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemprov Riau, jajaran Kanwil Kemenag Riau dan instansi terkait lainnya seperti Imigrasi, kepolisian, dan Angkasa Pura," katanya.

Pada tahun 2019 Embarkasi Haji Antara Riau untuk pertama ini akan memberangkatkan 5.359 calon haji, dan jamaah tersebut terbagi atas 12 kloter. Kloter terakhir dijadwalkan berangkat pada 24 Juli mendatang. 

Baca juga: 213 JCH Kloter 8 tiba di Asrama Haji Antara Riau

Baca juga: Inhu lepas Kloter 6 BTH ke Tanah Suci

Baca juga: JCH Bengkalis diminta untuk menjaga kesehatan
Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019