Mutasi keberangkatan dilakukan delapan calon haji Kalteng

Mutasi keberangkatan dilakukan delapan calon haji Kalteng

Plh Sekda Kalteng, Sapto Nugroho (kanan) saat rapat teknis penyelenggaraan ibadah haji, Palangka Raya, Rabu, (10/7/2019). (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah menyebutkan ada delapan jamaah calon haji (calhaj) asal provinsi setempat melakukan mutasi keluar daerah terkait keberangkatan ibadah rukun Islam kelima itu.

"Di sisi lain, sebanyak empat jamaah calon haji dari luar daerah juga tercatat melakukan mutasi keberangkatannya ke Kalteng," kata Kakanwil Kemenag Kalteng, Masrawan melalui Ketua Seksi Siskohat, Kemenag Kalteng, Ismail Marzuki di Palangka Raya, Rabu.

Delapan calhaj yang pindah keberangkatan ke luar daerah adalah Tugiman dan Martiati dari Kota Palangka Raya bergabung dengan jamaah Klaten, Jawa Tengah. Kemudian Muchtar dan Sarmiati dari Kabupaten Kotawaringin Barat bergabung ke Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, Edy Effendi dan Bernah dari Kabupaten Kapuas bergabung dengan jamaah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan serta Armah Sukarna dari Kabupaten Barito Utara bergabung dengan rombongan Kabupaten Subang, Jawa Barat dan Tuminah dari Kabupaten Barito Selatan bergabung dengan jamaah dari Magetan, Jawa Timur.

Sementara empat calhaj dari luar daerah yang keberangkatannya bergabung dengan jamaah dari Kalimantan Tengah yakni Yayan S dan Irma Y dari Cianjur, Jawa Barat bergabung dengan jamaah Kabupaten Kotawaringin Timur. Kemudian Gozali M dan Marista dari Depok, Jawa Barat bergabung dengan jamaah haji Kabupaten Barito Utara.

Sementara itu, jamaah calon haji asal Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 1.946 orang dan dibagi dalam enam kelompok terbang (kloter) haji 2019.

"Pada musim haji tahun ini mereka akan diberangkatkan melalui kloter 8, 10, 11, 13, 15 dan 18," kata Ismail.

Sebanyak 1.914 jamaah calhaj itu terdiri atas 1.916 orang ditambah 30 petugas haji dan 14 tim pemandu haji daerah (TPHD). Jamaah calhaj diminta mulai menjaga dan mulai mempersiapkan kesehatan fisik sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Baca juga: Pemberangkatan jamaah haji Kalteng dibagi enam kloter

Baca juga: 7 calon haji Riau ajukan mutasi kloter

Baca juga: Empat calon haji Bali mutasi ke Jawa
Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019