Depok (ANTARA) - Bus TransJakarta akan masuk ke dalam wilayah kampus Universitas Indonesia (UI) sebagai upaya menunjang layanan transportasi yang lebih baik.

"Sebelumnya bus TransJakarta ini hanya sampai depan kampus UI saja, tetapi nantinya kami akan memasuki wilayah kampus UI," kata Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksono usai melakukan penandatanganan MoU antara TransJakarta dengan UI di Gedung Rektorat UI Depok, Selasa.

Agung mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 35 unit bus TransJakarta, dengan 2 rute tujuan UI-Lebak Bulus MRT dan UI-Manggarai dengan terhubung KRL.

Ia mengatakan dengan masuknya bus TransJakarta tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di UI.

"Bus TransJakarta masuk lingkungan kampus UI ini akan mulai beroperasi pada 1 Agustus," jelasnya.

Lebih lanjut Agung mengatakan pihaknya akan menambah 3 rute lagi, yaitu Kampung Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI via Raya Bogor, dan UI-Margonda.

Agung menjelaskan bus ini akan ada setiap 5 menit di halte-halte yang ada di Fakultas UI. Mahasiswa tidak akan dikenai tarif jika hanya berkeliling di dalam kampus.

Mengenai tarif kata Agung untuk reguler Rp 3.500 yaitu naik dari luar ke dalam atau dari dalam ke luar, sementara yang hanya berputar di dalam maka akan gratis.

Sementara itu, Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mengatakan kerja sama dengan TransJakarta ini maka diharapkan transportasi yang kita bangun dalam kampus sebagai upaya lebih ke publik, sehingga diharapkan akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Ke depan jika dimungkinkan maka tak ada lagi kendaraan pribadi masuk ke kampus," kata Anis.

Dikatakannya kerja sama tersebut merupakan upaya untuk mengarah menjadi kampus hijau.

Baca juga: Transjakarta akan tambah lima rute baru tiap bulan

Baca juga: Transjakarta buka dua rute bus terintegrasi kereta bandara

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019