Pemkot Palembang minta dukungan Bank Sumsel Babel tingkatkan PAD

Pemkot Palembang minta dukungan Bank Sumsel Babel tingkatkan PAD

Wali Kota Palembang Harnojoyo (kiri). (Foto:Ist)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang meminta dukungan Bank Sumsel Babel (BSB) dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dari penerimaan pajak karena menargetkan Rp1,3 triliun pada 2019 setelah pada tahun sebelumnya meraup Rp748 miliar.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Minggu, mengatakan salah satu yang sedang diterapkan pemkot yakni pemasangan tapping box di hotel dan restoran yang peralatannya disediakan BSB.

“Kami berharap kerja sama dengan BSB bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama dalam pemasangan tapping box di seluruh hotel dan restoran,” kata Harnojoyo.

BSB sudah berkomitmen akan memasang sebanyak 600 tapping box untuk mendorong percepatan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang. Sementara ini yang sudah terpasang 400 tapping box.

Harnojoyo berharap BSB dan Pemkot Palembang dapat lebih bersinergi lagi, salah satunya dengan mendukung berbagai pendanaan yang dibutuhkan untuk membangun kota ini.

“Kami sudah mendapatkan tawaran pembiayaan dari BSB untuk proyek lanjutan restorasi sungai Sekanak-Lambidaro, yang mana BSB menawarkan bunga hanya satu digit. Kami sangat mengapresiasi ini,” kata dia.

Baca juga: Pemkot Palembang dorong produk UMKM berdaya saing hingga internasional
Baca juga: Pemkot Palembang bangun tempat pengolahan sampah terpadu


Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang dari pajak hotel dan restoran meningkat hingga Rp15 miliar selama Januari-Februari 2019 berkat dipasangnya alat pencatat transaksi tapping box di hotel dan restoran.

Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang Shinta Raharja mengatakan, capaian ini cukup mengembirakan karena Palembang menargetkan peningkatan PAD hingga Rp1,3 triliun pada 2019.

"Seperti diketahui, pendapatan pajak dari hotel dan restoran ini diharapkan melonjak seiring dengan pertumbuhan Kota Palembang. Tentunya hasil ini cukup mengembirakan, tapi harus ditingkatkan lagi," kata dia.

Pemkot secara bertahap akan memasang 1.000 unit tapping box di hotel dan restoran di Palembang sesuai dengan dorongan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah dipasang 400 unit di sejumlah hotel dan restoran di Palembang, bekerja sama dengan Bank Sumsel telah berdampak signifikan pada PAD.

Dalam periode Januari-Februari 2019, PAD Palembang sudah terealisasi Rp90 miliar atau plus Rp15 miliar jika dibandingkan bulan yang sama dalam tiga tahun terakhir. Biasanya pada periode ini hanya meraup Rp65 miliar.

Baca juga: Pemkot Palembang hadiahkan umrah warga paling rajin shalat subuh
Baca juga: Pemkot Palembang siapkan paket wisata religi Sungai Musi
Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Apep Suhendar
COPYRIGHT © ANTARA 2019