Sentani, Jayapura (ANTARA) - Okta Lompoloang (29) warga Sentani yang bekerja sebagai operator exavator menemukan bom berukuran satu meter sisa Perang Dunia II saat melakukan pengerjaan penggalian pondasi pagar milik PT Alda Air di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapolsek Kawasan Bandara Sentani Ipda Baharudin Buton di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu mengemukakan, penemuan bom peninggalan Perang Dunia II itu di tanah milik PT Alda Air, tepatnya di belakang SD Inpres Yabaso Sentani pada Jumat (28/6).

"Awalnya saksi Okta Lompoloang (29) yang juga operator exavator melakukan pengerjaan penggalian pondasi pagar milik PT Alda Air," katanya.

Baca juga: Pekerja proyek temukan bom Perang Dunia II di Jayapura

Baca juga: Warga Sentani temukan lima bom peninggalan PD II


Baharudin menjelaskan, saat operator exavator sedang menggali tanah kemudian menemukan sebongkah besi yang ternyata sebuah bom. "Operator exavator langsung melaporkannya ke kami," katanya.

Ketika mendapat laporan, kata dia, pihaknya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) dan memastikan bahwa memang benar benda tersebut adalah bekas bom peninggalan Perang Dunia II.

"Kami langsung meminta bantuan tim gegana Brimob Polda Papua untuk melakukan pengecekan fisik," katanya.

Baca juga: Warga Sentani temukan bom peninggalan PD II

Baca juga: Bom tua ditemukan di Bandara Rendani Manokwari


Setelah tim begana Brimobda Polda Papua tiba di TKP, mereka langsung melakukan pengecekan fisik terhadap bom tersebut.

Dari pengecekan yang dilakukan, kata dia, panjang bom tersebut berukuran 1,33 meter dengan diameter 40 centimeter dan berat 85 kilogram. Sisa bom itu langsung dievakuasi ke Mako Brimob Polda Papua.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019