Penggalangan dana tidak hanya saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang, namun terus berlanjut sehingga terkumpul uang sebesar Rp1,5 miliar. Setelah terkumpul, Pemkab Tangerang menggandeng MNC Perduli untuk menyalurkan dana bantuan tersebut ke Ka
Pandeglang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, melalui MNC Peduli menyerahkan bantuan perahu motor kepada para nelayan di Kabupaten Pandeglang terdampak tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember 2018.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menyerahkan bantuan kepada para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilurah Desa Sukanagara, Kecamatan Carita, Kamis (27/6), menyatakan bantuan ini merupakan kepedulian dari masyarakat Kabupaten Tanggerang melalui malam penggalangan dana pada peringatan hari jadi daerah itu.

"Saya pada hari kedua setelah terjadinya tsunami langsung hadir dilokasi terjadinya tsunami. Pada bulan Desember juga bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tangerang, maka dari itu kami sekaligus melakukan penggalangan dana dan terkumpul kurang lebih Rp1 miliar," katanya.

Penggalangan dana, kata dia, tidak hanya saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang, namun terus berlanjut sehingga terkumpul uang sebesar Rp1,5 miliar. Setelah terkumpul, Pemkab Tangerang menggandeng MNC Perduli untuk menyalurkan dana bantuan tersebut ke Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: Pemkot Medan bantu Rp242 juta korban tsunami Pandeglang

"Setelah pihak MNC Perduli berkoordinasi dengan Pemda Pandeglang, ternyata yang dibutuhkan saat ini perahu, karena memang dampaknya cukup besar bukan saja ekonomi sosial namun alat melaut juga ikut rusak dan hilang," ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan perahu motor akan diserahkan pada nelayan terdampak tsunami 30 unit dan akan dilakukan dua tahap. Untuk tahap awal diberikan sebanyak 15 unit dan 15 unit sisanya menyusul.

"Mungkin nanti sisanya silahkan mau dialokasikan ke daerah lainnya di Pandeglang yang sama terdampak bencana tsunami," katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terima kasih atas bantuan perahu motor yang diberikan pihak Kabupaten Tanggerang, yang tentu sangat bermanfaat bagi para nelayan terdampak tsunami.

"Pada malam pertama terjadinya tsunami kami sangat panik karena banyak korban, Alhamdulillah Kabupaten Tanggerang bantu kami juga dengan ambulannya, dan saat ini kami dibantu lagi," ujarnya.

Dikatakan Irna, dengan adanya bantuan perahu motor ini, sedikitnya akan meringankan beban para nelayan yang perahunya rusak dan hanyut karena diterjang oleh tsunami.

"Intinya kami ucapkan terimakasih atas semua bantuan yang datang ke Pandeglang, begitu juga dengan 2000 relawan yang datang ke Pandeglang semoga ini jadi ladang pahala kita semua," ujarnya.

Baca juga: REI Banten bantu korban tsunami Pandeglang
Baca juga: Pemkab Batanghari bantu buku korban tsunami Pandeglang

Pewarta: Sambas
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019