PHILADELPHIA--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Project Management Institute (PMI) hari ini merilis hasil surveynya yang bertajuk 2019 Pulse of the Profession® In-Depth Report: AI Innovators: Cracking the Code on Project Performance. Laporan ini menghadirkan pandangan mendalam terkait betapa pentingnya peran kecerdasan buatan (AI) terhadap dunia korporasi dan profesi manajemen proyek. Survey ini menemukan bahwa disrupsi AI tengah terjadi dalam skala besar: 81 persen responden menyatakan perusahaan mereka terdampak oleh teknologi AI; 37 persen mengatakan pengadopsian teknologi AI merupakan prioritas utama untuk perusahaan mereka; dan manajemen proyek mengatakan bahwa mereka berharap proporsi proyek yang menggunakan AI akan naik dari 23 menjadi 37 persen dalam tiga tahun ke depan.

Untuk melihat siaran pers multimedia, silakan klik: https://www.businesswire.com/news/home/20190617005558/en/

Survey yang melibatkan 551 praktisi manajemen proyek di seluruh dunia ini menunjukan bahwa kehadiran teknologi AI akan terus berkembang, sehingga pada akhirnya akan berdampak pada peralihan cara korporasi dalam mengeksekusi strategi bisnis. Laporan ini mengidentifikasikan enam teknologi AI yang mempengaruhi perusahaan di seluruh dunia. Tiga diantaranya yang memberikan dampak terbesar adalah:

- Sistem berbasis pengetahuan: Memahami konteks data diproses akan membantu proses pembelajaran dan pengambilan keputusan pada manusia
- Pembelajaran mesin: Menganalisa data untuk membangun model dengan mendeteksi pola, memperoleh pengambilan keputusan yang lebih baik dengan meminimalisir internvensi manusia
- Pengelolaan keputusan: Menciptakan proses intelejensia atau serangkaian proses yang didasarkan pada peraturan dan logika untuk mengotomasi pengambilan keputusan

Selama tiga tahun ke depan, para praktisi manajemen proyek mengharapkan dampak dari tiga teknologi AI ini akan meningkat:

- Sistem pakar: Meniru kecerdasan, kemampuan, atau perilaku manusia pada bidang, topik, atau keahlian tertentu
- Pembelajaran mendalam: Membangun, melatih, dan menguji jaringan syaraf yang memprediksi hasil dan/atau mengklasifikasikan data yang tidak terstruktur yang didasarkan pada probabilitas
- Otomasi proses robotik: Meniru dan mengotomasi tugas manusia untuk mendukung proses korporat

Pada laporan Pulse of the Profession® yang terbaru, PMI mendorong korporasi untuk mengadopsi Project Management Technology Quotient (PMTQ), yang merupakan cara mengevaluasi kemampuan sebuah perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan teknologi yang didasarkan pada kebutuhan perusahaan atau proyek. Mengitegrasi PMTQ yang solid akan memainkan peran penting, seiring semakin banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi AI.

"Survey ini mengungkapkan bahwa sekarang lah saat yang tepat bagi perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan teknologi AI," ujar vice president global solutions PMI Michael DePrisco. "Mengingat para praktisi proyek bertanggungjawab dalam mengimplementasi perubahan, mereka memainkan peran penting dalam mempengaruhi teknologi-teknologi ini dalam perusahaan mereka. Berdasarkan riset PMI, kami tahu kalau perusahaan yang menggunakan PMTQ memahami bahwa pemanfaatan AI yang optimal akan membantu mereka mengimplementasikan strategi bisnis. Tentunya diperlukan pola pikir dan kultur pembelajaran yang baru, dan dukungan dari dewan direksi untuk wujudkan hal tersebut."

Fakta di lapangan, riset oleh Accenture mengungkapkan bahwa perusahaan yang paling visioner menerapkan lima prinsip kunci - MELDS - pada investasi AI mereka, yaitu:
- Mendorong pola pikir (Mindset) yang tepat
- Meningkatkan hadirnya eksperimen (Experimentation)
- Mewujudkan Kepemimpinan (Leadership) yang aktif dan partisipatif
- Mengintegrasikan Data menjadi strategi
- Mengembangkan Kemampuan (Skills) baru

Perusahaan yang menerapkan lima prinsip ini disebut sebagai AI Innovators dan memiliki posibilitas lebih dibandingkan perusahaan yang tidak menerapkan satupun prinsip tersebut (AI Laggards) untuk membangun infrastruktur perusahaan yang menunjang kesuksesan. Menurut data Pulse®, AI Innovators mengalahkan AI Laggards pada berbagai metrik proyek kunci, yakni:
- Merampungkan proyek lebih tepat waktu: AI Innovators menyatakan bahwa 61 proyek mereka rampung tepat waktu, versus 47 persen untuk AI Laggards
- Realisasi Hasil yang superior: AI Innovators melaporkan bahwa 69 persen proyek mereka memberikan 95 persen atau lebih manfaat bisnis, dibandingkan 53 persen pada AI Laggards.
- ROI lebih tinggi: AI Innovators mencatat, 64 persen proyek mereka mencapai atau melampaui estimasi ROI awal, versus 52 persen pada AI Laggards.

Perusahaan yang mau mengalihkan prioritas mereka niscaya akan berhasil dalam mengimplementasikan teknologi AI. Tidak hanya penting menjadikan PMTQ sebagai ukuran persiapan, tapi juga sebagai patokan kepatuhan sebuah perusahaan terhadap prinsip MELDS. Hal ini akan menjadi sangat penting mengingat akan semakin banyak teknologi AI yang terintegrasi di masa depan.

Baca 2019 Pulse of the Profession® In-Depth Report: AI Innovators: Cracking the Code on Project Performance di www.PMI.org/Pulse.

Tentang PMI Pulse of the Profession® Survey

Riset Pulse of the Profession® In-Depth dilaksanakan secara online pada April/Mei 2019 terhadap 551 praktisi manajemen proyek di seluruh dunia.

Tentang Project Management Institute (PMI)

Project Management Institute (PMI) adalah asosiasi terkemuka bagi praktisi manajemen proyek, program atau portofolio. Didirikan pada 1969, PMI menghadirkan nilai untuk lebih dari tiga juta profesional di hampir seluruh dunia melalui advokasi global, kolaborasi, edukasi, dan riset. Kami meningkatkan jenjang karir, keberhasilan bisnis perusahaan, dan mematangkan profesi manajemen proyek melalui berbagai standarisasi bertaraf dunia, sertifikasi, komunitas, sumber daya, perangkat, riset akademi, publikasi, kurses pengembangan profesi, dan jejaring. Sebagai bagian dari grup PMI, ProjectManagement.com membangun komunitas global online dunia yang memberikan lebih banyak sumber daya, perangkat yang lebih baik, jaringan lebih luas, dan perspektif lebih besar.

Kunjungi kami di www.PMI.org, www.projectmanagement.com, www.facebook.com/PMInstitute dan di Twitter @PMInstitute.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20190617005558/en/

Kontak

Mary Ortega
Public Relations Specialist
Project Management Institute
14 Campus Blvd.
Newtown Square, PA 19073
Phone: +1 610 356 4600 X7030
E-mail: mary.ortega@pmi.org
Website: www.pmi.org

Sumber: Project Management Institute (PMI)  

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019