Kenaikan untuk angkutan sepeda motor gratis tahun ini cukup signifikan. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 1.000 sepeda motor yang diangkut, meningkat dibanding tahun lalu sekitar 700 unit
Yogyakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyebut, peminat angkutan sepeda motor gratis selama masa angkutan Lebaran 2019 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Kenaikan untuk angkutan sepeda motor gratis tahun ini cukup signifikan. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 1.000 sepeda motor yang diangkut, meningkat dibanding tahun lalu sekitar 700 unit," kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Purwanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Eko, sejak Sabtu (8/6) sudah dilakukan pengangkutan motor gratis untuk arus balik baik ke arah Jakarta maupun ke arah Surabaya dari tiga stasiun di Daop 6 Yogyakarta yaitu dari Lempuyangan, Klaten dan Purwosari.

Pada Minggu (9/6), total jumlah sepeda motor yang diangkut menggunakan kereta api relasi Surabaya-Jakarta Gudang tercatat sebanyak 249 unit dan dari relasi Jakarta Gudang-Surabaya tercatat sebanyak 109 unit.

Dari Stasiun Lempuyangan, jumlah sepeda motor yang diangkut ke arah Jakarta tercatat sebanyak 67 unit dan tiga unit diturunkan di stasiun tersebut, sedangkan sepeda motor yang dibawa ke arah Surabaya tercatat satu unit.

Dari Stasiun Klaten tercatat 92 unit sepeda motor diangkut ke arah Jakarta Gudang dan empat unit ke arah Surabaya, sedangkan dari Purwosari diangkut 90 unit ke arah Jakarta Gudang dan 104 unit ke arah Surabaya.

Pada Senin (10/6), tercatat sebanyak 89 unit sepeda motor dibawa ke arah Jakarta Gudang dan empat unit ke arah Surabaya dari Stasiun Lempuyangan, sedangkan dari Stasiun Klaten sebanyak 103 sepeda motor dibawa ke arah Jakarta Gudang dan satu unit ke arah Surabaya, dan dari Stasiun Purwosari diangkut sebanyak 16 unit ke arah Jakarta dan 98 unit ke arah Surabaya.

Program angkutan motor gratis tersebut akan dilaksanakan hingga Kamis (13/6). Total kapasitas angkut yang disiapkan dalam satu hari sebanyak 464 sepeda motor sehingga total kapasitas angkut yang disiapkan dalam waktu 13 hari pelaksanaan angkutan motor gratis tercatat sebanyak 6.032 sepeda motor.

Pada 2018, sebanyak 1.865 sepeda motor dinaikkan dari wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan sebanyak 1.844 sepeda motor diturunkan di Daop 6. Sedangkan pada tahun ini diprogramkan sebanyak 1.958 sepeda motor naik dari Daop 6 dan 1.936 sepeda motor turun di Daop 6 Yogyakarta.

Masyarakat dapat mengirimkan sepeda motornya tanpa biaya, cukup dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan yaitu menunjukkan tiket kereta api, bus, atau travel atas nama peserta angkutan motor gratis dan sepeda motor diserahkan paling lambat satu hari sebelum hari keberangkatan.

Pendaftaran angkutan motor gratis untuk arus balik dapat dilakukan maksimal hingga Rabu (12/6) di stasiun keberangkatan. Spion sepeda motor dilepas, tangki bensin dikosongkan, dan helm tidak diperkenankan diangkut bersama sepeda motor.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019