Patroli siaga SAR khusus Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dilakukan dengan menggunakan kuda di Pantai Payangan Jember
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Tim "rescuer" Basarnas Pos SAR Jember menggunakan kuda untuk melakukan patroli selama Lebaran 2019 di kawasan wisata Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Patroli siaga SAR khusus Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dilakukan dengan menggunakan kuda di Pantai Payangan Jember," kata Koordinator Basarnas Jember Asnawi Suroso di Jember, Minggu.

Dua orang petugas berseragam jingga menaiki kuda sambil membawa alat apung dan alat pengeras suara berpatroli menyisir sepanjang Pantai Payangan yang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

"Di sela patroli, tim SAR gabungan menyampaikan imbauan kepada para wisatawan, agar tidak melakukan aktivitas, seperti mandi atau bermain air di perairan pantai karena berbahaya," ujarnya.

Pemandangan patroli SAR berkuda yang unik dan menarik di Pantai Payangan Jember itu terlihat selama hari libur Lebaran 2019 karena kunjungan wisatawan ke pesisir pantai selatan Jember itu meningkat tajam.

"Sesekali petugas tersebut berteriak menggunakan 'megaphone' (pelantang) untuk meminta pengunjung pantai tidak mandi di laut, serta mengajak secara persuasif jika masih ada pengunjung yang terlalu ke tengah bermain ombak," ucapnya.

Ia mengatakan imbauan tidak mandi atau berenang di perairan Pantai Payangan tersebut untuk menjaga keselamatan para wisatawan dari kejadian yang tidak diinginkan, seperti kejadian terseret ombak dan tenggelam.

"Karakteristik ombak laut selatan yang besar dan ombak yang datang tiba-tiba dapat menyebabkan wisatawan terseret ombak, apabila terlalu ke tengah," tuturnya.

Asnawi menjelaskan ada dua kuda yang dipergunakan patroli di Pantai Payangan dan tim "rescuer" akan lebih mudah menyusuri pantai dengan menggunakan kuda tersebut untuk menghampiri pengunjung yang bermain air laut dan membahayakan dirinya sendiri.

"Meskipun berkali-kali diingatkan, yang namanya pengunjung ada juga yang tetap nekat bermain air laut, sehingga petugas terus melakukan pendekatan," katanya.

Dalam patroli siaga SAR khusus Lebaran 2019, lanjut dia, tim SAR gabungan juga menyiagakan sejumlah peralatan SAR, di antaranya peralatan pertolongan korban kecelakaan air, peralatan medis dan evakuasi darurat.

Pantai Payangan merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Jember yang dipadati wisatawan saat libur Lebaran 2019.

Wisatawan yang berkunjung di pantai yang berada di Kecamatan Ambulu tersebut menunjukkan adanya peningkatan dan berdasarkan data dari pihak pengelola tercatat sekitar 300-400 pengunjung per hari yang datang ke pantai tersebut.

Tidak ada tiket masuk di Pantai Payangan Jember dan wisatawan yang berkunjung ke sana hanya membayar parkir kendaraan yang dikelola oleh warga setempat.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019