Empat Kapal Pelni sandar di Pelabuhan Makassar H-2

Empat Kapal Pelni sandar di Pelabuhan Makassar H-2

Suasana angkutan laut dengan Kapal Motor milik PT Pelni yang mengangkut ratusan penumpang di Pelabuhan Makassar, Senin (3/6/2019). ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - Sebanyak empat unit kapal PT Pelni sandar di Pelabuhan Makassar pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Dari segi armada angkutan laut yang sandar kali ini yang terbanyak, meskipun penumpangnya tidak sebanyak ketika puncak mudik H-5 lalu," kata General Manager PT Pelindo IV Cabang Makassar Aris Tunru di sela-sela pemantauannya di Posko Mudik Pelabuhan Makassar, Senin.

Keempat kapal yang sandar di Pelabuhan Makassar untuk menurunkan dan menaikkan penumpang adalah KM Tilong Kabila, KM Gunung Dempo, KM Willis dan Dobonsolo yang dari barat tujuan ke wilayah timur Indonesia seperti Maluku, Kalimantan dan Papua.

Adapun jumlah penumpang yang turun dan naik di Pelabuhan Makassar ini, dari empat kapal Pelni itu mungkin hanya separuhnya dari jumlah penumpang saat puncak arus mudik H-4 lebaran yang penumpang turunnya di atas 6 ribu orang dan penumpang naik mencapai 4.747 orang.

Aris mengatakan, besok (H-1) merupakan hari terakhir kegiatan arus mudik ke Makassar. Alasannya karena pada hari H lebaran yakni Rabu (5/6), tidak ada layanan arus mudik dan balik.

"Kawasan Pelindo IV dan Pelabuhan Makassar akan menjadi fasilitas pelaksanaan shalat Idul Fitri," kata Aris.

Nanti keesokan harinya (H+1), lanjut dia, barulah dibuka layanan bagi penumpang yang akan naik atau turun kapal Pelni untuk wilayah Timur dan Barat Indonesia.

Sementara untuk layanan penumpang, pihak Pelindo IV Makassar dengan instansi terkait menyediakan posko terpadu yang menyiapkan sejumlah fasilitas seperti pemeriksaan kesehatan dan layanan informasi.
General Manager PT Pelindo IV Cabang Makassar Aris Tunru disela-sela pemantauannya di Posko Mudik Pelabuhan Makassar, Senin.(3/6/2019). ANTARA Foto/ Suriani Mappong
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019