Para pemudik merasa puas setelah ditanyakan soal layanan oleh Wakapolri
Cilegon, Banten (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol Ari Dono Sukmanto meninjau jalur mudik dan mengecek kesiapan pelayanan untuk pemudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat.

Wakapolri didampingi Kabaintelkam Mabes Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Korniawan dan Kepala Bagian Penerangan Umum Kombes Asep Adi Saputra, sesampainya di Pelabuhan Merak sekitar pukul 09.00 WIB menuju posko terpadu pengamanan di Terminal Eksekutif.

Di posko, Wakapolda Banten memaparkan kesiapan rencana pengamanan dan penguraian antrean di Pelabuhan Merak, sementara Wakapolri memberikan arahan untuk perbaikan-perbaikan pelayanan.

Dalam menghadapi peningkatan arus mudik, Polda Banten menyiagakan sekitar 800 personel di Merak yang disiagakan 24 jam selama arus mudik. Selain personel Polda Banten, dengan instansi-instansi lain total sebanyak 1.700 petugas yang siaga.

"Jadi kegiatan operasi ketupat yang dilaksanakan tahun ini berjalan sekitar 10 hari, hari ini kami melaksanakan kontrol kegiatan-kegiatan pengamanan untuk wilayah Lampung dan Cilegon," tutur Ari Dono.

Setelah berkoordinasi di posko, Wakapolri menuju Dermaga Tujuh Pelabuhan Merak dan mengecek sistem pembayaran untuk kendaraan roda empat dan roda dua.

"Tadi juga saya tanya masyarakat pengguna roda dua, bagaimana kondisi mereka selama masuk di pelabuhan dan situasi keamanannya, mereka merasa sangat puas karena fasilitas untuk masuk ke pelabuhan memberikan kenyamanan, ada tenda dan lain sebagainya," tutur Ari Dono.

Setelah melakukan pengecekan pelayanan di Pelabuhan Merak, Wakapolri bertolak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk mengecek jalur mudik di penyeberangan itu.

Baca juga: Pelabuhan Merak mulai padat, Polda Banten siagakan 800 personel

Baca juga: ASDP berlakukan diferensiasi tarif penyeberang di Merak-Bakauheuni


Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019