Aceh Besar (ANTARA) - Rektor UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Prof Warul Walidin menyatakan minat calon mahasiswa baru pada perguruan tinggi tersebut melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2019 mencapai 13.386 orang.

"Alhamdulillah minat lulusan SMA/sederajat untuk kuliah di UIN sangat luar biasa, ini ditandai dengan jumlah peserta yang melamar melalui jalur ini sebanyak 13 ribu lebih untuk berbagai disiplin ilmu," katanya di sela memantau pelaksanaan ujian di kampus tersebut, Selasa.

Ia menjelaskan dari 13 ribuan peminat yang memilih program studi di Universitas "Jantong Hatee Rakyat Aceh" itu sebanyak 4.105 peserta mengikuti ujian di kampus Uin Ar-Raniry, Darussalam.

Program studi yang paling diminati di UIN Ar-Raniry adalah Hukum Ekonomi Syariah dengan jumlah pelamar 1.270 orang disusul, prodi Pendidikan Bahasa Inggris 566 pelamar dan prodi Pendidikan Agama Islam 316 pelamar.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Gunawan Adnan mengatakan proses pelaksanaan ujian dilakukan serentak seluruh Indonesia, untuk wilayah Aceh dimulai pada pukul 07.00 Wib untuk kelompok IPS dan IPC, serta kelompok IPA dimulai pada pukul 08.30 Wib hingga selesai 12.00 Wib.

Gunawan menyebutkan, sistem ujian yang dilaksanakan pada jalur UM-PTKIN melalui dua tipe, pertama Paper Based Test (PBT) atau menggunakan lembar jawaban komputer, kedua Sistem Seleksi Elektronik (SSE) merupakan ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer.

Materi ujian antara lain, tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang sesuai dengan kelompok ujian.

Lokasi ujian di pusatkan di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry, dengan menggunakan seluruh ruang kuliah dan fasilitas laboratorium komputer yang ada.

Peserta yang memilih tipe ujian PBT sebanyak 3.745 orang dilaksanakan di 12 titik gedung fakultas, sementara peserta dengan tipe CBT/SSE sebanyak 360 orang. Ujiannya dilakukan di Lab Komputer PTIPD/ICT, Lab Komputer Fakultas, Pusat studi bahasa dan Perpustakaan.*

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019