Padang, (ANTARA) - BUMN di Provinsi Sumatra Barat melalui program BUMN hadir untuk negeri memberangkatkan 1.100 pemudik gratis jelang Idul Fitri 1440 Hijriah dari Teluk Bayur ke Mentawai dan sebaliknya.

“Pendaftarannya sudah dibuka dari tanggal 14 sampai 31 Mei 2019,” kata Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati di Padang, Jumat.

Selain itu, ia juga mengatakan rute mudik gratis dimulai dari Teluk Bayur menuju Tua Pejat, Sioban, Sinakak, Pasa Puat, Sikakap Pei-Pei , Mauara Saibi, Sikabaluan, Mei Lepet ( Siberut), Penasahan, dan balik lagi ke Teluk Bayur.

Pelaksanaan mudik gratis tersebut sudah dimulai dari tanggal 15 Mei, 22 Mei dan akan dilaksanakan lagi pada tanggal 26 dan 29 Mei menggunakan kapal Sabuk Nusantara 68 dari Teluk Bayur menuju beberapa pulau.

Informasi pendaftaran tersebut disebarkan melalui pemasangan spanduk di beberapa titik, disiarkan melalui Radio Classy FM, melalui brosur dan sosialisasi ke masyarakat di Pulau Mentawai seperti di Sikabaluan, Siberut, Sioban, Sikakap dan di Tua Pejat, katanya.

Ia juga mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan mudik gratis tersebut untuk membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu sehingga mereka bisa pulang dan berlebaran di kampung halaman.

“Hingga sekarang jumlah peserta mudik gratis yang telah mendaftar sebanyak 268 orang, tetapi sekiranya sampai tanggal 31 sudah melebihi kuota yang telah ditentukan maka para pendaftar mudik akan tetap diberikan tiket gratis” sambungnya.

Tempat pendaftaran di Padang terdapat di dua titik yaitu di Gallery Balanjo CSR Semen Padang di depan mal Plaza Andalas Padang dan di Posko Terpadu angkutan Lebaran Kantor KSO Teluk Bayur.

Persyaratan sebagai peserta mudik gratis tersebut tidak rumit, cukup menyediakan fotokopi kartu identitas sebanyak dua lembar saja, sambung nya.

Selain disediakan tiket mudik gratis, para peserta mudik juga diberikan bingkisan berupa air mineral, makanan ringan, tisue, minyak angin, antimo dan topi.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019