Ramadhan Jazz, Chiki Fawzi bawakan lagu baru terinspirasi Uighur

Ramadhan Jazz, Chiki Fawzi bawakan lagu baru terinspirasi Uighur

Penyanyi Chiki Fawzi saat tampil pada even Ramadhan Jazz Festival 2019 di halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (18/5/2019). (ANTARA News/Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Chiki Fawzi membawakan "Bandara", lagu terbaru yang terinspirasi pengungsi muslim Uighur, China, pada Ramadhan Jazz Festival di Masjid Cut Meutia, Jakarta.

Ide lagu "Bandara" didapatkannya kala bertemu Muslim Uighur China di Turki, saat perjalanan reportasenya untuk program televisi swasta.

"Lagu ini terinspirasi ketika saya bertemu muslim Uighur. Judulnya 'Bandara'," kata Chiki, mengawali lagu keduanya saat tampil pada Ramadhan Jazz Festival, Jakarta, Sabtu (18/5) malam.

Kebetulan, pemilik nama lengkap Marsha Chikita Fawzi lewat program itu berkesempatan mengunjungi berbagai negara, termasuk Turki yang mempertemukannya dengan pengungsi asal Uighur, China.

Ditemui usai manggung di event jazz tahunan buah kerja sama hasil kerja sama Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dengan WartaJazz itu, menceritakan perihal inspirasi lagu itu.

Ketika itu, Chiki dan kawan-kawannya memang rindu makan nasi yang susah sekali dijumpai di negara lain, namun tak disangka mereka malah disuguhi oleh pengungsi Uighur.

"Ketika saya tanya, kenapa Ibu malah menyuguhi kami? Mereka menjawab, sudah kewajiban kami menjamu tamu karena itu adalah sunnah, di situlah saya berkaca-kaca," ungkapnya.

Perempuan yang setia dengan gaya hijab turbannya itu mengaku banyak belajar dari kehidupan pengungsi muslim Uighur yang menceritakannya langsung, termasuk kerinduan mereka dengan keluarganya.

"'Kamu rindu sama keluarga bisa mudah 'video call'. Saya rindu suami anak saya', kata mereka. Mereka berharap bisa bertemu lagi di surga," ujarnya, menirukan ucapan salah satu pengungsi.

Chiki kembali teringat dengan kisah para pengungsi Uighur, ketika cukup lama menunggu transit pesawat di bandara melihat penumpang datang dan pergi.

"Saya melihat banyak kejadian di bandara. Ada yang pergi, ada yang sedih ditinggalkan. Bandara ini kayak miniatur hidup, cuma tempat transit aja," kata Chiki yang menjadi salah satu animator serial "Upin dan Ipin".

Chiki membawakan tiga lagu pada kesempatan itu, yakni "Halo Jelita, "Bandara", dan "Belukar Dunia".

"Di acara ini, orang datang sambil beramal. Ini jadi ladang amal bagi banyak orang. Makanya, saya seneng banget bisa tampil di Ramadhan Jazz Festival ini," kata putri penyanyi Ikang Fawzi itu.

"Ramadhan Jazz Festival 2019" sudah memasuki tahun kesembilan yang pada Ramadhan 1440 Hijriah ini mengangkat tema "Love Unites All" dengan tagline #Embrace Togetherness".

Berlangsung selama dua hari, mulai 17-18 Mei 2019, deretan artis dan penyanyi bergantian tampil, seperti Rizky Febian, Ecoutez, Maliq D'Essentials, dan Glenn Fredly pada hari pertama.

Pada hari kedua, giliran Tosca, Chiki Fawzi, Andre Hehanussa, Element Reunion, Barsena Bestandhi & Olivia Pardede, HiVi!, dan international performer Ramadhan Jazz Festival 2019, yaitu Jeremy Passion.
Pewarta : Peserta Susdape XIX/Zuhdiar L
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019