Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kembali melaksanakan program mudik Lebaran gratis bagi warga yang akan merayakan Idul Fitri 1440 Hirjiah di kampung halamannya di daerah itu.

"Ini kali ketiga kami lalukan," kata Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian, Disbub Sulteng, Sumarno, di Palu, Jumat.

Ia mengatakan mudik gratis tersebut dikhususkan bagi kalangan mahasiswa, pelajar dan warga yang kurang mampu.

Sementara warga yang mampu diharapkan bisa mudik dengan menggunakan angkutan komersial.

Pendaftaran mudik gratis akan dilakukan mulai 13 Mei 2019 dan ditutup pada 28 Mei 2019.

Sumarno mengatakan pada 2019 ini, pihaknya menyediakan sekitar 450-500 kursi untuk semua kota tujuan mudik dalam wilayah Provinsi Sulteng.

Adapun rute mudik gratis Lebaran meliputi Palu-Poso, Palu Tojo Una-Una, Palu Morowali Utara, Palu Morowali, Palu Tolitoli, Palu Buol dan Palu-Banggai.

Rute mudik sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dia juga menambahkan bahwa program mudik gratis hanya sekali perjalanan saja.

Selanjutnya, para pemudik akan menggunakan bus komersial untuk kembali ke Kota Palu.

Pemudik paling banyak selama dua kali berturut-turut pelaksanaan mudik gratis Lebaran, kata dia, pemudik dengan tujuan Banggai.

"Itu karena banyak mahasiswa dan pelajar asal Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan yang kuliah dan sekolah di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng," ujarnya.

Sasaran utama dari program dimaksud selain membantu meringankan beban masyarakat, juga yang paling diharapkan adalah sebagai pembelajaran bagi para pemilik angkutan atau perusahaan otobus (PO) di Sulteng bagaimana menyelenggarakan angkutan mudik yang aman dan nyaman. Artinya, keselamatan penumpang menjadi suatu yang prioritas dalam moda angkutan umum.
Masalah kualitas harus mendapat perhatian dan prioritas.

"Jangan hanya mengejar kuantitas atau penumpang banyak, tetapi mengabaikan kualitas terutama menyangkut keselamatan penumpang," kata dia.

Sumarno menambahkan, pihaknya menyiapkan sekitar 52-56 armada untuk mengangkut pemudik melalui program mudik gratis yang dilakukan Pemprov Sulteng itu.

Dalam program tersebut, pemerintah daerah bekerja sama dengan pemilik PO yang ada di Kota Palu.

Tercatat ada delapan PO yang akan melaksanakan program mudik gratis di Sulteng.

Mudik gratis akan dilakukan pada 29 Mei 2019.

"Kami berharap pak Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola akan melepas keberangkatan armada-armada yang akan membawa penumpang mudik gratis ke delapan kota tujuan dalam wilayah Provinsi Sulteng.
(T.BK03/)

Pewarta: Anas Masa
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019