Kerja sama Kemendag dengan Dekranasda DKI Jakarta dan UMN melalui IDDC akan berlangsung selama dua tahun ke depan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan melalui Indonesia Design Development Center (IDDC) berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berupaya meningkatkan nilai tambah produk ekspor.

Kolaborasi ini dikukuhkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan di Auditorium Kemendag Jakarta pada Kamis (9/5) yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda.

"Kerja sama Kemendag dengan Dekranasda DKI Jakarta dan UMN melalui IDDC akan berlangsung selama dua tahun ke depan,” kata Arlinda di Jakarta, Kamis.

Arlinda menyampaikan IDDC merupakan wadah yang tepat untuk memfasilitasi dan memberikan pelayanan terkait pengembangan desain komunikasi visual. Kerja sama ini diharapkan akan semakin mendorong kinerja ekspor Indonesia.

Menurut Arlinda, penandatanganan kerja sama Kemendag dengan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta dilakukan oleh Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag, Ari Satria dan Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati.

Kemendag dan Dekranasda DKI Jakarta akan memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha binaan Dekranasda DKI Jakarta melalui konsultasi pada kegiatan Klinik Desain di IDDC.

Apabila Dekranasda DKI Jakarta melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan produk berbasis desain produk dan komunikasi visual, maka Kemendag akan merekomendasikan tenaga ahli desainer yang ada di basis data IDDC.

"Kerja sama Kemendag dan Dekranasda DKI Jakarta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta pengembangan produk berbasis desain dan komunikasi visual antar-kedua belah pihak," ujar Arlinda.

Sementara itu, penandatangan perjanjian kerja sama antara Kemendag dan UMN dilakukan oleh Ari Satria dan Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama, Muliawati G Siswanto.

Sementara, kerja sama dengan UMN yaitu memberikan pendampingan dalam peningkatan nilai tambah produk ekspor melalui desain komunikasi visual.

UMN melalui Program Studi Desain Komunikasi Visual akan memberikan rekomendasi kepada Kemendag berupa desainer komunikasi visual untuk pelaksanaan kegiatan Klinik Desain di IDDC.

Baca juga: Pemerintah perlu dorong kebijakan pro-industri ekspor bernilai tambah

Baca juga: Ekspor Maret 2019 naik 11,71 persen, tembus 14 miliar dolar


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019