GP Ansor dan Sedulur Jowo galang bantuan untuk korban banjir bandang

GP Ansor dan Sedulur Jowo galang bantuan untuk korban banjir bandang

Sejumlah warga melintas di depan rumah yang tertimbun lumpur akibat banjir bandang di Desa Bangga, Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (23/11/2018). Banjir bandang yang terjadi 18 November 2018 itu tidak menimbulkan korban jiwa tapi menggenangi ratusan rumah dan merusak ratusan hektare lahan pertanian warga. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj).

Palu (ANTARA) - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Sigi, Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), serta Sedulur Jowo, menggalang bantuan kemanusiaan untuk banjir bandang di Bangga.

"Ini urusan kemanusiaan, maka kita wajib membantu keluarga kita di sana," kata Ketua Cabang GP Ansor Kota Palu, Erwin Samangka di Palu, Senin.

Bantuan yang digalang Ansor, lanjutnya berupa bantuan pakaian layak pakai baik untuk dewasa maupun anak-anak, makanan siap saji dan uang tunai.

"Khusus dari internal kader Ansor kami sudah terkumpul Rp1,5 juta," sebutnya.

Dia mengatakan dana tersebut dikoordinir oleh Kepala Satuan Koordinasi Cabang Banser Sigi, Darmawan.

Dia berharap kepada seluruh kader dan masyarakat umum yang hendak membantu korban banjir bandang di Desa Bangga dan sekitarnya dapat langsung membawa bantuannya ke pusat informasi bencana Ansor di Warkop Ansor, Jalan Lasoso, Kota Palu.

Dia mengemukakan bantuan tersebut segera didistribuskan hari ini juga karena masyarakat di lokasi banjir membutuhkan bantuan segera.

Erwin menambahkan korban banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Dolo Selatan, seperti Desa Bangga, Balongga, Wisolo dan Pulu, telah mengakibatkan ratusan warga mengungsi. Rumah mereka terendam oleh lumpur disertai material kayu.

Sementara itu Sedulur Jowo (perkumpulan keluarga Jawa di Sulawesi Tengah) juga menggalang dukungan bantuan yang sama.

Melalui akun group WA Sedulur Jowo, setidaknya sudah terkumpul bantuan berupa beras, pakaian dewasa, balita, selimut, dan uang tunai.

Penggalangan dana juga dilakukan oleh sejumlah aktivis mahasiswa melalui kotak donasi di sejumlah titik di jalan-jalan raya Kota Palu.

Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Kota Palu, antara lain menggalang kotak amal di sekitar pasar Inpres Manonda. Mereka membawa serta simbol organisasi seperti bendesa HMI untuk penggalangan dana tersebut.

Banjir bandang menyapu sejumlah desa di Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, terjadi Minggu malam sekitar pukul 19.30 Wita. Setidaknya empat desa menjadi sasaran banjir yakni Bangga, Balongga, Wisolo, dan Desa Pulu.
Pewarta : Adha Nadjemudin
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019