Manado (ANTARA) - Bidang Kesehatan dan Kedokteran (Dokkes) Polda Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pemeriksaan kesehatan personel dalam melakukan pengamanan Pemilu 2019.

Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr. Freddy Worang, di Manado, Sabtu, mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan kesehatan personel pengamanan dimulai pada saat Lat Pra Ops OMB Samrat 2019, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin.

"Pemantauan kesehatan personel juga dilaksanakan di kewilayahan dilakukan oleh personel Kesehatan Polri yang berada di kewilayahan atau Polres," katanya.

Ia mengatakan terdapat sembilan Polres jajaran Polda Sulut, setiap Polres memiliki Poliklinik yang diawaki minimal satu dokter umum, satu dokter gigi dan dua perawat.

Personel Poliklinik ini merupakan perpanjangan tangan Bid Dokkes di kewilayahan, personel tersebutlah yang melaksanakan pemantauan kesehatan anggota Polri yang bertugas di kantor PPS, PPK dan KPU.

"Personel Biddokkes Polda membantu pelaksanaan pelayanan kesehatan poliklinik Polresta Manado dan Polres jajaran yang membutuhkan," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan pemantauan ini meliputi pelayanan kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin, pengobatan jika diperlukan serta rujukan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pemantauan ini untuk memastikan personel Polri sehat dan dapat bertugas dengan baik, tidak hanya personel Polri anggota TNI, KPPS, Panwas dan Bawaslu juga yang ada saat bertugas kami periksa kesehatannya,” kata dia.

Jumlah personel pengamanan Pemilu di PPK masing-masing kabupaten kota yang diperiksa kesehatannya pada pekan keempat sejumlah anggota Polri 659 personel, TNI 69 personel, petugas KPPS 224 pers dan Panwas/Bawaslu 91 personel. 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019