Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Korban gempa Desa Karawana Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Sabtu, antusias menyalurkan hak pilih pada pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum presiden dan wakil presiden, DPD, dan legislatif tahun 2019.

"Iya, untuk Kecamatan Dolo terdapat dua desa, tiga TPS yang di gelar PSU serentak pada Sabtu 27 April," ucap Komisioner KPU Sigi, Muhammad Nuzul Lapali, di Dolo, Sabtu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan PSU dua tempat pemungutan suara (TPS) untuk Desa Karawana Kecamatan Dolo. TPS 2 dan 5 Desa Karawana menjadi TPS yang menggelar PSU.

Surat suara yang di PSU-kan untuk dua TPS tersebut yaitu, surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden. Kemudian, surat suara DPD, DPR, DPRD

Provinsi dan DPRD Kabupaten Sigi. Jumlah DPT untuk TPS 2 Desa Karawana 173 pemilih, dan TPS 5 berjumlah 224 pemilih.

Pantauan Antara di lapangan pukul 08.00 wita, warga yang terdaftar sebagai pemilih berbondong-bondong mendatangai dua TPS tersebut di Desa Karawana untuk menyalurkan hak pilih.

Tempat duduk yang di sediakan oleh KPPS untuk di dalam dua TPS tersebut terisi penuh. Warga menanti nama-nya di panggil untuk mengambil surat suara dan melakukan pencoblosan di bilik suara, lalu di salurkan di masing-masing kotak suara di sediakan.

Selain di dalam, luar TPS banyak warga yang mengantri, mereka menanti untuk di persilakan masuk untuk melakukan proses penyaluran hak pilih.

Kondisi itu, berbeda dengan TPS 8 Desa Tulo Kecamatan Dolo. Jumlah pemilih di TPS tersebut sebanyak 127, namun kurang antusias untuk menyalurkan hak pilih untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD dan DPR.

"Untuk TPs 8 Desa Tulo, terdapat tiga jenis surat suara yang di PSU-kan, yakni surat suara presiden dan wakil presiden, DPD dan DPR," ujar Nuzul.

Pantauan Antara di lapangan, warga yang terdaftar sebagai pemilih yang datang ke TPS, hanya satu-satu. Di dalam TPS di dominasi oleh penyelenggara pemilu KPPS dan pengawas pemilu serta saksi.

Di luar TPS, terdapat pihak kepolisian dan TNI, hansip, dan pengawas pemilu. Nuzul Lapali melakukan monitoring dan pemantauan penyelenggaraan PSU di TPS 8 Desa Tulo, sekaligus memberikan penguatan kepada KPPS. Hingga pukul 10.00 wita, pelaksanaan PSU tiga TPS di Kecamatan Dolo berlangsung aman dan tertib.
 
Warga melihat informasi yang di pajang petugas KPPS di TPS 5 Desa Karawana Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi (Antaranews/Muhammad Hajiji)
 
Petugas kepolisian, TNI, dan pengawas pemilu dan Komisioner KPU Sigi Nuzul Lapali, foto bersama di luar TPS 8 Desa Tulo Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi (Antaranews/Muhammad Hajiji)
 
Warga menyalurkan hak pilih di TPS 8 Desa Tulo Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi (Antaranews/Muhammad Hajiji)
 
Warga menyalurkan hak pilih di TPS 2 Desa Karawana Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019