London (ANTARA) - Tepuk tangan warga Indonesia yang hadir menyaksikan penghitungan perolehan surat suara Pemilu 2019 menggema menutup rampung proses penghitungan surat suara melalui TPS Luar Negeri dan Pos di KBRI Moskow. Sesaat kemudian, para hadirin pun saling menyalami dan memberikan ucapan selamat dengan penuh suka cita telah dilaksanakan Pemilu 2019 di Moskow dengan lancar.

Kegiatan penghitungan surat suara yang berlangsung tanggal 17 April dari pukul sembilan pagi hingga jam enam sore disaksikan Dubes Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, staf KBRI Moskow dan sebagian warga masyarakat Indonesia berdomisili di Moskow dan sekitarnya.

Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Adiguna Wijaya kepada Antara, Kamis, mengatakan kegiatan penghitungan suara juga disiarkan melalui situs internet Youtube.

Dubes Wahid mengapresiasi atas kerja keras PPLN dan KPPSLN Moskow dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Pemilu 2019. “Saya juga mengapresiasi partisipasi warga Indonesia di Rusia yang antusias dan tertib menyalurkan hak suara mereka pada Pemilu 2019 dan penghitungan suara," ujar Dubes Wahid.

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Ir Joko Widodo-Prof Dr Ma’ruf Amin unggul dengan 404 suara (71,4 persen), terdiri dari 272 suara dari TPSLN dan 132 suara melalui pos.

Sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 149 suara (26,3 persen) yang terdiri dari 91 suara TPSLN dan 58 suara melalui pos. Terdapat 13 surat suara tidak sah (2,3 persen) yang terdiri dari 7 surat suara TPSLN dan 6 surat suara dari pos.

Jumlah keseluruhan surat suara yang diterima PPLN Moskow adalah 566, terdiri dari 370 surat suara TPSLN dan 196 surat suara pos. Tingkat partisipasi warga Indonesia di Rusia pada pemilu kali ini cukup tinggi yaitu 63,5 persen yang hadir di TPSLN dan melalui pos 38,2 persen.

Hal yang menarik muncul calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany yang mendapat suara terbanyak dan unggul dari seluruh caleg Pemilu Legislatif 2019. Tsamara berhasil meraih 58 suara. Sedangkan Dr HM.Hidayat Nur Wahid MA dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 39 suara dan Ir Eriko Sotarduga BPS dari PDI Perjuangan (PDIP) mendapatkan 25 suara. Sebagian caleg memperoleh suara yang sangat jauh di bawah ketiga caleg tersebut dan ada pula yang tidak mendapatkan suara sama sekali.

Menanggapi pelaksanaan Pemilu 2019 ini, salah seorang warga Indonesia di Moskow, Intan Eka Puspa Sari menyampaikan terima kasih dapat menjadi anggota KPPSLN pada pemilu kali ini. "Sebelum ini, saya tidak menyangka bahwa pada suatu saat dapat terlibat langsung sebagai panitia pemilu di luar negeri. Saya merasa sangat beruntung memperoleh kesempatan langka dan pengalaman sangat berkesan. Pemilu ini adalah pemilu kedua bagi saya dan pertama kalinya menjadi panitia pemilu," ujar Intan, mahasiswa S1 penerima beasiswa Kaltim Cemerlang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang belajar di Russian University of Transport mengambil Jurusan Perkeretaapian.

Sedangkan seorang warga Indonesia lainnya hadir saat penghitungan suara David Kermite, mahasiswa S3 Jurusan Pertanian di People's Friendship University of Russia menyatakan berpartisipasi lebih tinggi pada pemilu kali ini. "Pemilu 2019 ini sepertinya lebih gonjang-ganjing di Tanah Air, semoga setelah pemilu berakhir kita semua warga Indonesia dapat rukun kembali dan tetap menjaga perdamaian dan keamanan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Pemilu bagian dari pesta demokrasi negeri kita yang akan rutin dilakukan, tetapi Indonesia tetap harus bersatu," ujar David dengan penuh semangat, sesaat sebelum meninggalkan KBRI Moskow setelah acara berakhir.

 

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019